Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Bolaang Mongondow Dihentikan Sementara

0
316
Iswan Gonibala

TNews, BOLMONG — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menghentikan sementara pelayanan serta pengurusan admistrasi kependudukan, baik pengurusan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), akta kelahiran dan lain sebagainya guna menghindari penyebaran Virus Corona atau (Covid -19).

Menurut Kepala Disdukcapil Iswan Gonibala, penundaan dan penghentian pelayanan sementara tersebut dilakukan pihaknya berdasarkan imbauan dari Direktur jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh SH.MH. “Penundaan ini  mulai berlaku pada hari Jumat 20 Maret 2020 (besok-red),” kata Iswan Kamis (19/03/2020).

Untuk itu kata Iswan, pihaknya mengharapkan kepada seluruh masyarakat bolmong agar menunda dulu urusan yang tidak mendesak, terkait pengurusan dokumen ke Disdukcapil.

Bahkan kata dia, Disdukcapil akan melayani masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan, seperti pengurusan  BPJS melalui aplikasi pelayanan online atau Via Whats App agar tidak terjadi penumpukan antrian. “Hal ini benar-benar kita seriusi dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun, bagi pelayanan-pelayanan sangat penting seperti pengurusan administrasi dalam rangka kelengkapan berkas BPJS, dan pendaftaran anggota TNI maupun Polri  bagi warga bolmong, itu tetap dilayani,” ujar Gonibala.

Dirinya menyebut, semua pelayanan administrasi umum akan dihentikan sementara, hingga ada pemberitahuan selanjutnya. Namun, hal yang bersifat mendesak tetap ada pelayanan. “Kita melakukan pelayanan melalui online. Semua permohonan penerbitan dokumen kependudukan masyarakat bisa mengakses lewat WA dengan nomor 081343552293 dan 082349027203. Setelah dikirim, kami langsung memproses sesuai jenis dokumen apa yang diminta, KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lain-lain. Setelah semua dokumen selesai, masyarakat tinggal menjemputnya,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.