Pemkab Bolmong Berikan Bantuan Rp1,5 Miliar untuk Desa Lolanan

0
53
TKD Boltim 2017 Dihapus?
TOTABUANEWS, BOLMONG – Pasca banjir bandang dua tahun lalu, di Desa Lolanan Kecamatan Sang Tombolang mendapatkan kucuran anggaran dari Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dari APBD tahun 2016 melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rp1,5 Miliar.

Anggaran tersebut digunakan untuk rehabilitasi konstruksi, pembuatan bronjong dan normalisasi sungai desa lolanan, yang saat ini pengerjaannya hampir rampung.

Disampaikan Kepala BPBD Bolmong Channy Wayong. Kamis (8/09/2016). Rehabilitasi ini sebagai konstruksi pasca bencana dilakukan secara bertahap.

“Pemulihan pasca bencana menjadi focus kerja BPBD, mengingat anggaran sangat terbatas, untuk Desa Lolanan ini beberapa tahun lalu terdampak banjir bandang, sehingga sungai harus diperbaiki, agar alirannya tidak terhambat yang berdampak pada luapan,” kata Channy.

Dia berharap agar kerjasama dari masyarakat Desa Lolanan dengan turut menjaga apa yang sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah.

“Kami minta warga dapat merawat bronjong yang sudah kami buat, sekaligus tidak membuang sampah di sungai, ini akan mengakibatkan penumpukan dan bisa menghambat jalannya air sungai,” harap Channy.

Ditempat terpisah salah satu warga desa lolanan Atian Ali berterima kasih atas perhatian dari Pemerintah.

“Normalisasi sungai ini sangatla bermanfaat untuk desa kami, dengan adanya proyek ini kami tidak terlalu khawatir bila terjadi hujan keras, sebab sungai sudah bersih,” kata Ali.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.