Pemkab Bolmong Gelar Musrenbang dan Renja

0
172
Tim SBM-JiTu Terbentuk, Salihi: Mari Bekerja Dengan Tulus
Salihi Mokodongan

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Pekan lalu, mengelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten 2016 dan Rencana Kerja (Renja) 2017.

Agenda tersebut, dipimpin langsung Bupati Hi Salihi Mokodongan dan dilaksanakan di ruang rapat lantai II kantor Sekertariat Daerah (Setda) Bolmong.

Kegiatan tersebut, dihadiri, Bappeda Provinsi Sulut bersama jajarannya, Waket DPRD Bolmong bersama anggotanya, seluruh SKPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, LSM, delegasi kecamatan, PNS.

Dalam sambutannya, Bupati Hi Salihi Mokodongan mengatakan, dalam rangka memaca perkembangan dan kemajuan serta aspirasi dari masyarakat, diperlukan adanya peningkatan peyelengaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan demi pempercepat terwujudnya kesehateraan di Bolmong, dibutuhkan perencanaan.

“Undang-undang nonor 25 tahun 2014, tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, secara legal menjamin aspirasi masyarakat dalam proses pembangunan yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap pengawasan,” kata Bupati.

Lanjutnya, dalam pelaksanaannya, aspirasi serta kebutuhan masyarakat seringkali terabaikan atau tidak menjadi prioritas dalam perencanaan dan penganggaran daerah.

“Forum SKPD yang menjadi tahapan perencanaan menghasilkan Renja, belum maksimal mensinerjikan rencana stratigisnya dengan kebutuhan masyarakat,” kritik Bupati.

Lanjutnya, agenda ini bermaksud untuk menjembatani sinkronisasi dan harmonisasi rencana kerja tahun 2017, dengan rencana strategis ke dalam langkah-langkah tahunan yang lebih konkrit dan terukur untuk memastikan tercapainya Renstra jangka menengah.

Menurutnya, tujuan Musrenbang Kabupaten 2016 dan Renja 2017 ini, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran propinsi.

“Mengklaririkasi usulan program dan kegiatan yang disampaikan masyarakat pada musrembang RKPD di kecamatan, Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah, Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah,” ucapnya.

Usai agenda penting ini, dilakukan penandatangan berita acara hasil kesepakatan Musrenbang dilakukan oleh Bapeda prop Sulut, kepala BP3MS BM, Kadis PU BM, unsur kecamatan, unsur masyarakat, Bupati Bolmong.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.