Pemkab Bolmong Mulai Salurkan KUBE ke Kelompok

0
70
Abdul Haris Bambela

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mngondow (Bolmong) mulai menyalurkan Bantuan Sosial untuk 55 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang tersebar di tujuh kecamatan se-Bolmong, di bulan ini.

Kepala Dinsos Bolmong Haris Bambela mengatakan, untuk anggaran KUBE ini bersumber dari dana APBD Bolmong tahun 2018 senilai Rp950.898.900. Penyaluran Bansus KUBE ini, dibagi dalam III tahap. Tahap pertama disalurkan kepada sebelas kelompok senilai Rp197.262.500, tahap II kepada 22 kelompok senilai Rp402.647.000 dan tahap III kepada 22 kelompok senilai Rp350.949.400.

“Untuk tahap pertama sudah disalurkan oleh pihak ketiga melalui sistem penunjukan langsung, pada 11 desa di delapan kecamatan (lihat grafis, red). Sementara tahap II dan III masih dalam prores lelang, rencananya akan disalurkan pada bulan Juni dan Juli mendatang,” terang Haris.

Lanjutnya, bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah, bagi keluarga miskin agar bisa meningkatkan taraf hidup mereka melalui kelompok usaha bersama.

“Karena itu sebelum penyaluran, kita telah merekrut 11 tenaga pendamping dan memberikan bimtek kepada mereka, agar dapat digunakan dengan benar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Bolmong Imran menyampaikan, pemberian bantuan 55 kelompok usaha bersama ini tidak sama, karena disesuaikan dengan kebutuhan yang diajukan dalam proposal.

“Jumlah bantuan bervariasi, sesuai kebutuhan dalam proposal yang diajukan masing-masing kelompok,” terangnya.

Diketahui, selain penyaluran bansos bagi 55 KUBE yang bersumber dari dana APBD, tahun ini Pemkab Bolmong juga mendapatkab kucuran dana dari Pemerintah Pusat (APBN) senilai Rp1,2 Miliar untuk 60 KUBE yang akan disalurkan usai lebaran. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam pengentasan kemiskinan sebagaimana program prioritas JOKOWI-JK.

8 Kecamatan Terima Bantuan KUBE Tahap I

Kecamatan Dumoga Barat

1. Desa Torout

2. Desa Doloduo

Kecamatan Dumoga Tengah

3. Desa Kinomaligan

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.