Pemkab Bolmong Mulai Susun APBD-P 2018

0
67

TOTABUANEWS, BOLMONG — Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018 dan APBD induk tahun 2019 mendatang tengah dibahas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong, Yarlis Hatam mengatakan. Untuk APBD-P tahun 2018, Pemkab Bolmong melakukan penyusunan pra Rencana Kerja Anggaran (RKA), Sedangkan untuk APBD tahun 2019 Pemkab tengah menyusun Rencana Kerja (Renja).

“Dua agenda yang sedang kita hadapi saat ini yakni APBD-P dan APBD induk tahun 2019,” kata Yarlis, Rabu (4/7/18).

Dijelaskannya, untuk APBD tahun 2019, pihaknya telah mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 di beberapa kementerian. Diantaranya di bidang kesehatan dan Pekerjaan Umum (PU), yang telah menggelar rapat koordinasi teknis DAK tahun 2019.

“Selain lewat kementerian, tahapan Musrenbang juga menjadi wadah untuk mengusulkan sejumlah program dan kegiatan untuk ditata dalam penganggaran tahun depan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Fico Mokodompit menyatakan bahwa sebelum pembahasan APBD-P tahun 2018, harus dilakukan dulu paripurna LPJ tahun 2017.

“Paripurna LPJ harus terlebih dahulu digelar, setelah itu baru kita akan mengetahui berapa Silpa dan defisitnya. Tetapi, untuk Silpa yang akan ditata dalam APBD perubahan tahun 2018 sebesar Rp37 Miliar. Sementara perkiraan defisit mencapai Rp8 miliar,” tukasnya.

Peliput : Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.