Pemkab Bolmong Targetkan 2019 APIP Masuk Level III

0
50

TOTABUANEWS, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Inspektorat Daerah, Selasa (18/9/18), bekerja sama dengan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam melakukan tugas pengawasan, dan penjaminan Kualitas (Quality Assurance) atas Penilaian Mandiri (Self Assessment) Kapabiltas APIP Level 3.

Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone mengatakan, Quality Assurance tersebut bermaksud menguji ketersediaan Infrastruktur (Dokumen) untuk pemenuhan elemen persyaratan pada Peningkatan Kapabilitas APIP.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan bimbingan dan konsultasi pedoman pelaksanaan audit kinerja. Sebab, kata Rio, Inspektorat Bolmong saat ini masih berada pada Level 1, sementara berdasarkan target Peningkatan Kapabiltas APIP yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam RPJMN 2015-2019 telah ditargetkan agar APIP Provinsi, Kabupaten maupun kota sudah berada pada Level 3 pada Tahun 2019 nanti.

“Audit kinerja ini menilai tingkat keberhasilan kinerja suatu daerah untuk memastikan sesuai atau tidaknya sasaran kegiatan yang menggunakan anggaran,” jelanya.

Lanjutnya, audit kinerja ini merupakan perluasan dari audit keuangan yang meliputi ekonomi, efisien dan efektifitas. Maka dari itu, auditor yang melaksanakan kegiatan harus memperoleh informasi tentang organisasi, prosedur kerja dan sistim informasi dan pelaporan keuangan yang baik. Sebab, Target tahun depan APIP sudah masuk pada level 3.

“Untuk itu kita terus berbenah demi tercapainya level 3 peningkatan kapabilitas APIP tahun ini,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.