Pemkab Bolmong Tingkatkan Program Purkades di Tahun ini

0
82
Yasti Mokoagow, Bupati Bolaang Mongondow

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dengan resmi ditandatngani naskah kesepahaman program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Purkades) bersama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), beberapa waktu lalu oleh Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Dra Hj Yasti Sopredjo Mokoagow. Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong mulai melaksanakan tahapan program dari Pemerintah Pusat tersebut.

Menurut Kepala Bappeda Yarlis Hatam, untuk tahapan program ini. Pemkab telah mengantongi tiga titik lokasi yakni Kecamatan Dumoga Bersatu, Sangtombolang serta Lolak.

“Untuk penentuan lokasi Prukades dilakukan dengan melihat kriteria dan persyaratan yang dilakukan dengan teliti, karena jika nantinya tidak tepat sasaran akan berdampak pada lambatnya perkembangan program ini,” kata Yarlis, Jumat (4/5/2018).

Program Prukades ini untuk meningkatkan berbagai industri, termasuk meningkatkan usaha warga di tiap desa agar dikembangkan.

“Berbagai pengembangan dan pengelolaan hasil laut dan perikanan, pemberdayaan dan pembinaan bagi petani dan nelayan, serta peningkatan fungsi lahan budidaya hasil laut haris dilakukan guna mendampingi perkembangan Bumdes. Kita juga akan menyiapkan lahan plasma. Ini dilakukan guna mempercepat penurunan kemiskinan yang ada di bomong,” tuturnya.

“Dengan adanya Purkades ini, tentunya dapat meningkatkan industri daerah dan kesejatraan rakyat. Sehingga itu dapat mengurangi angka kemiskinan melalui program tersebut,” tukasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.