Penanganan Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor Sangtombolang Usai

0
24
Satu diantara rumah warga di Desa Pangi Timur pasca amukan banjir bandang, Rabu 04 Maret 2020 lalu. (Foto : Imran Asiaw/TNews)
Loading...

TNews, BOLMONG — Badan Penanggulanngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) saat ini tela selesai melakukan penanganan darurat  bencana banjir dan tanah longsor 4 Maret 2020 lalu di tiga desa di Kecamatan Sangtombolang, yakni Desa Domisil, Pangi Timur dan Pangi.

Kendati penangan telah telah usai, namun status tanggap darurat yang sebelumnya ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya 14 hari, telah diperpanjang hingga 31 Maret 2020 mendatang. “Keadaan saat ini telah kondusif,” kata Kepala BPBD Haris Dilapanga, melalui Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat Bencana Rafik Alamri, Jumat (27/03/2020).

Menurut Rafik, pihaknya telah usai melakukan pembersihan puing-puing pohon hingga lumpur akibat banjir bandang dan tanah longsor yang menghatam ratusan rumah di tiga desa tersebut. “Iya penanganan telah usai. Kemudian juga masa tanggap darurat diperpanjang,” ungkapnya.

Ditanya soal perbaikan rumah warga yang rusak berat maupun yang hanyut akibat banjir, Rafik menyebut, pihaknya masi menunggu anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). “Untuk perbaikan rumah warga masih menunggu dari Pemprov. Proposal permintaan bantuan telah kita ajukan. Soal bantuannya belum tahu berapa yang akan dikasih, kita (daerah-red) menyesuaikan,” bebernya.

Sekadar diketahui, kerugian meteril atas bencana banjir dan tanah longsor di tiga desa tersebut mencapai Rp 1,8 Miliar. Dengan rincian Desa Domisil Rp 1,2 Miliar, Desa Pangi Rp 300 Juta dan Desa Pangi Timur 1,3 Miliar. Peristiwa naas tersebut juga merenggut satu korban jiwa anak berusia 5 tahun atas nama Musdalifa Harun, asal Desa Domisil yang terlepas dari pelukan kakeknya saat menyelamatkan diri dari amukan banjir.

Berikut data terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Sangtombolang:

1.Desa Domisil

-6 Unit Rumah Hanyut

-16 Unit Rumah Rusak Berat

-15 Unit Rumah Rusak Sedang

-5 Unit Rumah Rusak Ringan

-4 Unit Warung Hanyut

 Fasilitas Umum/Pendidikan

-2 Gedung TK Rusak Ringan dan Rusak Berat

-1 Gedung Taman Pengajian Rusak Ringan

-1 Gedung Pustu dan Kantor Desa Rusak Ringan

-1 Gedung Polindes Rusak Ringan

-Jalan Paving Block Rusak Ringan

-Drainase 300 Meter Rusak Ringan

Terdampak : 42 Unit Rumah 150 KK 178 Jiwa

2.Desa Pangi

-5 Unit Rumah Rusak Berat

-2 Unit Rumah Rusak Ringan

Fasilitas Umum

-Jembatan Bentang 8 Meter Rusak Sedang

-Jalan Paving Block Lebar 3 Meter Panjang 10 Meter Rusak Sedang

Terdampak : 7 Unit Rumah 7 KK 30 Jiwa

3.Desa Pangi Timur 

-2 Unit Rumah Hanyut

-5 Unit Rumah Rusak Berat

-2 Unit Rumah Rusak Sedang

-7 Unit Rumah Rusak Ringan

Terdampak : 16 Unit Rumah 22 KK 77 Jiwa

Sumber : BPBD Bolmong 

Imran Asiaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.