Pencegahan Stunting Jadi Prioritas Pemkab Bolmong di Tahun 2020

0
51

TNews,BOLMONG,- Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi satu diantara beberapa Daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang diprioritaskan untuk pencegahan stunting di Tahun 2020 menggunakan Dana Desa (Dandes).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Isnaidin Mamonto, menurutnya,  prioritas utama penggunakan anggaran Dandes di tahun 2020 yakni untuk program Konvergensi pencegahan stunting.

”Iya, sasaran prioritas program konvergensi pencegahan stunting di desa tahun 2020 yakni ibu hamil, anak usia 0-23 bulan dan rumah tangga 1000 HPK (hari pertama kehidupan) sebagai masa yang paling kritis dalam masa tumbung kembang anak,”ungkapnya.

Isnaidin melanjutkan, nantinya tahapan untuk mendukung program konvergensi stunting dimulai dengan pembentukan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di setiap desa,”Ini dimaksudkan untuk memastikan adanya program yang mendukung konvergensi pencegahan stunting dalam APB Desa 2020.,”tandasnya.

“Dibentuknya KPM yakni untuk melakukan pemetaaan sosial terkait dengan potensi dan adanya stunting di desa masing- masing.” Iya, dari hasil pemetaan yang ada nantinya akan dilakukan rembug stunting,”tadasnya.

“Hasil dari rembug  tersebut akan dibawa ke forum pra musyawarah desa (pra musdes) selanjutnya di musdes dan memastikan program ini diakomodir dalam RKP Desa 2020 dan APB Desa 2020,”ungkapnya.

Isnaidin menambahkan, Pemerintah juga akan akan membentuk Rumah Desa Sehat (RDS) di setiap Desa, fungsinya sebagai tempat untuk membicarakan berbagai upaya pencegahan stunting.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.