Produksi Gabah di Bolmong Capai 80 Persen

0
40
Produksi Gabah di Bolmong Capai 80 Persen

TOTABUANEWS, BOLMONG – Target produksi gabah kering yang diberikan Pemerintah pusat, kepada Pemerintah Bolaang Mongondow (Bolmong) naik sekitar 15 persen. Namun, capaian target hingga akhir triwulan III tahun 2017 ini sudah mencapai 80 persen.

Kepala Dinas Pertanian Bolmong. Taufik Mokoginta mengatakan, bahwa untuk hasil produksi palawija terkhusus gabah atau beras tidak diragukan lagi. “Untuk tahun ini ada kenaikkan, jika kemarin hanya sekira 340 ribu ton. Tahun ini target kita sudah pada angka 360 ribu ton. Dengan capai hingga Agustus ini lebih dari 80 persen,” ungkapnya (23/8/2017).

Selain produksi gabah dari sawah milik petani, untuk target capaian ini juga terbantukan dengan cetak sawah yang dilakukan Pemerintah yakni sebesar 40 ribu hektar. “Kita Optimis bisa capai. Komitmen Pemkab Bolmong terutama mensukseskan Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati saat ini,” ujarnya.

Terkait dengan bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Bolmong. menurut Taufik tidak berpengaruh menurunkan produksi gabah. “Kita sudah mulai Identifikasi. Kecamatan Lolayan aman dan hari ini kita sudah turun ke wilayah Dumoga bersatu. Jika baru tanam tentu tidak bisa diselamatkan, tapi yang diatas dua bulan masih bisa panen. Karena informasi, banjir kemarin hanya bersifat genangan, jadi semua produksi pertanian termasuk gabah atau beras dan jagung tidak diragukan lagi,” tutupnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.