Program Cerdas Sangadi Poigar III, Belasan Indukan Sapi Diserahkan ke Warga Untuk Diternak

0
84
Kepala Desa Poigar III Umpa Mokodompit

TNews, BOLMONG – Kepala Desa Poigar III Umpa Mokodompit menyerahkan bantuan ternak sapi kepada masyarakat, dimana anggarannya berasal dari Dana Desa.

Dimana, sebanyak 17 Induk Sapi diberikan kepada masyarakat Desa Poigar III. “Indukan sapi ini nantinya akan diternakkan, dan ketika sudah berkembang biak, akan diberikan kepada masyarakat lain yang belum dapat secara bergulir,” ungkap Umpa Mokodompit kepada awak media, Minggu 7 Mei 2023.

Umpa mengatakan, anggaran pengadaan indukan sapi untuk diberika kepada warga tersebut, merupakan bagian dari programnya selaku kepala desa. “Pada tahun ini memang sengaja saya alihkan dananya untuk membeli indukan sapi sebagai bagian dari upaya ketahanan pangan di desa. Sehingga, kedepan ketika pemerintah pusat tidak lagi menganggarkan untuk anggaran ketahanan pangan ini, masyarakat tidak perlu kuatir, sebab sudah ada program yang bisa dikembangkan lewat ternakan induk sapi ini,” tambahnya.

Program Ternakan indukan sapi tersebut menurut Umpa Mokodompit bisa berkepanjang, untuk terus dikembangkan oleh pemerintah desa. “Membeli ternak sapi dengan catatan, induknya sebagai hak milik pemerintah desa, sementara anaknya akan diberikan ke masyarakat, sehingga selama 5 tahun kedepan akan bisa menghasilkan puluhan anak sapi yang bisa diberikan ke masyarakat,” tuturnya.

Umpa mengatakan, 17 induk sapi tersebut, sebagai langkah awal akan dikelola oleh masyarakat dengan membentuk kelompok tani, dimana hal itu akan diawasi oleh pemerintah desa.  “Harapan saya kepada masyarakat yang mengelola sapi tersebut, agar bisa memelihara dan mengembang biakka induk sapi tersebut, sehingga bisa memberikan dampak positif secara ekonomi bagi masyarakat,” paparnya.

Tidak lupa, Umpa juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah atas alokasi Dana Desa, untuk ketahanan pangan. Proses penyerahan indukan Sapi kepada masyarakat untuk dikembangbiakkan tersebut, ikut disaksikan oleh Camat Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow, Alfina Sumenda.

Reporter : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.