Program Indonesia Pintar Bolmong Dan Bolmut di-Cairkan

0
37
Program Indonesia Pintar

TOTABUANEWS, BOLMONG – Program Indonesia Pintar (PIP) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Kabupaten Bolmong dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) untuk SMK sederajat telah dicairkan.

Hal ini berdasarkan penuturan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha dan Kepegawaian Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Bolmong dan Bolmut Provinsi Sulut Rusdin Goma . Menurutnya, PIP ataw bantuan dana miskin bagi para siswa di dua Daerah ini sudah diambil para siswa.

“Sekitar 1300 siswa di Bolmong dan Bolmut mendapat bantuan siswa miskin PIP ini. Untuk Kelas 1 SMK sederajat mendapat Rp 500.000, kelas 2 Rp 750.000 dan kelas 3 Rp 1 juta,” kata Rusdin, Kamis (6/7/2017).

Dirinya mengharapkan kepada guru-guru agar jangan menyentuh dan mencampuri hak siswa ini.

“Ini adalah hak siswa, guru hanya mengawal saja pengambilan di Bank. Perhatikan saja ditegaskan hanya untuk kebutuhan sekolah,”bebernya.

Lanjutnya, pihaknya mengimbau  kepada seluruh siswa agar jangan menggunakan uang tersebut di kebutuhan lain. Harus digunakan untuk kebutuhan sekolah.

“Diharapakan agar siswa setelah menerima bantuan ini harus menggunakan hanya untuk kebutuhan sekolah saja. Jika ada yang menggunakan di kebutuhan lain maka berikutnya dia tidak mendapat bantuan lagi, dan juga untuk para orang tua agar mengawasi dan harus benar-benar dibelikan untuk pakaian seragam buku dan lain sebagainya,”tegasnya.

Terpisah, Teny Apituley selaku Kepala Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Lolak menjelaskan, pihaknya mencairkan dana tersebut apabila pihak sekolah sudah mengajukan permohonan untuk dicairkan kepada siswa.

“Kami hanya mengikuti ketika pihak sekolah mengajukan untuk pencairan, dan sudah sekitar 90 persen dana tersebut dicairkan. Semua Bank BNIpun bisa untuk pengambilan dana tersebut, sampai sekarang tidak ada kendala. Semuanya aman untuk pelayanan seluruh SMK sederajat ini,” tukasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.