Puan Maharani Gunakan Pakaian Adat Bolaang Mongondow, Bupati Limi: Masyarakat Bolmong Harus Bangga

0
66
Gambar : Ketua DPR RI Puan Maharani, saat menghadiri upacara HUT ke-78 tahun kemerdekaan RI di Istana Merdeka, menggunakan pakaian adat suku Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara, yaitu pakaian "Salu", (17/8/2023).

TNews, BOLMONG – Ketua DPR RI Puan Maharani, saat menghadiri upacara HUT ke-78 tahun kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Kamis, 17 Agustus 2023 menggunakan pakaian adat suku Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yaitu pakaian “Salu”.

Sebagaimana yang disampaikan Pj Bupati Bolaang Mongondow Ir. Limi Mokodompit MM. saat dikonfirmasi puluhan awak media mengatakan, baju adat Bolaang Mongondow yang digunakan oleh ketua DPR RI Puan Maharani sesuai dengan konsep yang harus ditampilkan.

“Kita harus berbangga sebagai rakyat Bolaang Mongondow karena pakaian adat baju Bolaang Mongondow yaitu “Salu” kita secara nasional dipakai oleh seorang Ketua DPR–RI,” katanya.

Lanjutnya, pakaian adat Bolaang Mongondow ini langsung diminta langsung oleh ketua DPR Ri.

“Lewat pak gubernur dan pak bupati Ibu Puan sendiri yang memintanya dan dari estetika modelnya tidak kalah dengan daerah lain. Maka seluruh yang digunakan Ibu Puan baju adat itu diracik dan dibuat di Bolaang Mongondow,” ungkapnya.

Ia mengatakan, hal ini salah satu juga promosi daerah yang di mana Kabupaten Bolaang Mongondow masih terjaga adat istiadatnya.

“Maknanya ini juga mempublikasikan bahwa Bolaang Mongondow ini memiliki adat budaya dari cara pakaiannya dan memiliki nilai-nilai budaya sangat subtansial, artinya mengambarkan keberagamaan dan adat kita yang sangat dihormati dan dihargai saat ini, dan nusantara mengenal bahwa pakaian adat Bolaang Mongondow tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia,” tutupnya.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.