Rolling OPD Bolmong Akan Diisi Pejabat Import

0
238
Kekurangan Anggaran Rp136 Miliar Terjawab
Tahlis Gallang

TOTABUANEWS, BOLMONG – Roling besar-besaran akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam waktu dekat ini, dengan mengsyaratkan bakal mengisi para pejabat dari daerah tetangga. Betapa tidak, hal ini terungkap pasca pelantikan pejabat yang dilakukan Pemkot Kotamobagu beberapa waktu lalu, terdapat tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinyatakan pindah ke Bolmong. Mereka yakni Yarlis Hatam (Sekertaris Komimfo), Fico Mokodompit (Sekertaris DPM-PTSP), dan Irlansyah Mokodompit (Kabid Perencanaan Bappeda).

Namun, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang  memberikan sinyal. Bahwa akan ada lagi pejabat dari luar yang akan masuk di Bolmong. Soal nama pejabat dan jumlahnya, salah satu lulusan terbaik STPDN, di Jatinagor, Jawa Barat ini belum bisa membeberkannya, hanya saja pihak Pemkab Bolmong, sudah meminta rekomendasi kepada kepala Daerah di BMR.

“Kami telah meminta kepada kepala Daerah di BMR, untuk memberikan rekomendasi kepada masing-masing pejabat terkait kepindahan mereka ke Bolmong. Tapi, jika tak diizinkan dapat diantisipasi dengan pejabat yang lain,” kata Tahlis ketika berbincang dengan sejumlah awak media, Senin (14/8/2017).

Mantan Sekda Bolsel dan Kotamobagu ini mengaku, pertimbangan roling dilingkup Pemkab Bolmong ini akan dilakukan terkait Laporan Hasil Pertanggungjawaban (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI beberapa bulan lalu.

“Sesuai rekom BPK, kami harus  melakukan roling jabatan. Dan dipastikan mutasi jabatan akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hamri Binol mengatakan, sampai saat ini masih menunggu hasil uji kompetensi atau assesment.

“Kemungkinan pekan ini sudah ada hasilnya. Dan hasil assesment ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam penempatan jabatan nanti,” ujarnya.

Terkait soal pejabat dari Daerah tetangga yang akan masuk di Bolmong, ia belum bisa memastikan. Justru ada yang dari instansi tenaga kesehatan dan pendidikan yang sudah lebih dulu masuk di Bolmong.

“Saat ini sudah ada yang masuk di Bolmong, tapi itu hanya staf saja dan sebagian tenaga kesehatan dan pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, wacana yang berkembang sudah ada beberapa nama pejabat yang digadang-gadang akan masuk di kabinet Yasti-Yanni. Seperti Ridel Paputungan (Kepala Inspektorat Bolsel), Piet Songkaton (Sek Dinas Pertanian Bolsel), Oskar Manoppo (Kepala BKD Boltim). Sebelumnya, di Kotamobagu sudah ada tiga pejabat yang lebih dulu masuk di Bolmong, Yarlis Hatam, Fico Mokodompit dan Irlansyah Mokodompit.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.