Sangadi Dituntut Miliki Visioner

0
38
Sangadi Dituntut Miliki Visioner
Salihi Mokodongan
TOTABUANEWS, BOLMONG  Salah satu keberhasilan pembangunan di daerah tidak lepas dari peran desa yang dipimpin Sangadi atau Kepala Desa (Kades). Untuk itu, Kades dituntut harus punya visioner, guna menjawab apa yang menjadi harapan warganya.
Menurut Bupati Hi Salihi B Mokodongan, bila seseorang pemimpin memiliki visioner, maka pembangunan akan nampak.
“Jika seorang kepala desa, adalah seorang visioner. Dan visionernya sangat jelas dalam memajukan desanya, maka pertanda kemajuan dan kemakmuran desa telah di depan mata,” kata Bupati, Senin (20/06/2016).
Lanjutnya, di pundak Kades, tercermin seberapa besar harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik.
“Sebab, Kades adalah pemimpin yang dihasilkan dari proses demokrasi, di mana semua komponen masyarakat terlibat sesuai dengan peran dan fungsinya masing- masing. Karena itu Kades harus bisa menjadi teladan di desa,” ucap Bupati.
Dikatakannya, tidak akan terjadi perselisihan di desa jika pemimpin bisa menerapkan pola kepemimpinan yang benar-benar disukai masyarakat, berdasarkan aturan berlaku.
“Selalu libatkan masyarakat dalam banyak kegiatan dan pengambilan keputusan. Ajarkan masyarakat agar selalu berorientasi pada hukum dan aturan. Dengan demikian, hasil maksimal dalam tatakelola pemerintahan yang akan terwujud tanpa ada konflik. Desa harus maju, dan itu tanggung jawab setiap pemimpinnya di desa,” tutupnya.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.