Tahun Depan Pilsang Serentak digelar, Dengan Anggaran Dari Pemkab Bolmong

0
43
Chris Kamasaan
TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun 2018 mendatang, akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang)  secara serentak.
Hal ini dikatakan Asisten I Sekretariat Kabupaten Daerah (Sekdakab), Cris Kamasaan, Selasa (31/10/2017). Menurutnya ada sekitar 48 desa akan melaksanakan pilsang.
“Biaya untuk pelaksanaan pilsang secara serentak tak dibebankan kepada desa, tapi dibiayai anggaran dari APBD Bolmong 2018,”ujar Kamasaan.
Lanjutnya, pada intinya calon sangadi tidak  keluarkan lagi anggaran untuk memberikan bantuan ke desa tapi gratis.
“Tiap desa telah dianggarkan sebesar Rp25 juta, dan dijadwalkan tahapan pilsang akan mulai jalan awal tahun depan. Diperkirakan bulan Januari tahun depan,” ungkapnya.
Untuk pelaksanaan pilsangnya dijadwalkan pada bulan Juni, dan awal tahun depan juga akan dibentuk panitia pilsang kabupaten,  kecamatan dan desa melalui SK Bupati.
“Untuk sisa desa yang belum laksanakan pilsang akan dilanjutkan ditahun 2019,” tambah Kamasaan.
Sementara itu, Sangadi Langagon Induk Kecamatan Bolaang, Adun Potabuga. Memberikan apresiasi kepada Bupati Bolmong Dra Yasti Mokoagow dan Wakil Bupati Yani RoninTuuk Sth,  sebab anggaran untuk Pilsang tidak lagi dibebankan kepada desa.
“Rakyat tak lagi dibebankan, untuk pungut biaya pilsang dan juga keuntungan calon,  karena tak lagi menyetor ke panitia pilsang. Sekali saya salut Pemkab Bolmong,” ujanya.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.