Terminal Tipe A Segera Dibangun

0
62
Terminal Tipe A Segera Dibangun
Eka Korompot
TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), akan segera membangun terminal Tipe A. Pasalnya, sebagai daerah yang memiliki posisi strategis dalam jalur darat, hal tersebut sudah sangat dibutuhkan.
Bahkan, melalui dua instansi tekhnisnya, yakni Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), Pemkab Bolmong, Selasa (4/10) kemarin, melakukan konsultasi publik penyusunan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), terkait rencana pembangunan terminal di Kabuapaten Bolmong.
Kepala Dishubkominfo Bolmong, Drs Eka Putra Utama Korompot SE Msi mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan guna menyambung komunikasi dengan masyarakat sekitar lokasi pembangunan, maupun masyarakat yang akan menerima manfaat pembangunan terminal tersebut.
“Dalam konsultasi public ini, kami menerima masukan serta ide-ide bahkan kritikan dari seluruh pihak terutama masyarakat,” kata Korompot.
Menurut Kepala Dinas (Kadis) termuda di jajaran Pemkab Bolmong ini, penyusunan AMDAL merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan. “Untuk bisa terakomodir di APBN kita wajib memasukan kajian tentang AMDAL, sehingga ini wajib terproses,” ujarnya.
Dia menyebutkan, jika pembangunan terminal Tipa A ini, diperkirakan akan memakan biaya puluhan miliar uang Negara. Untuk itu, kajian AMDAL akan benar-benar dilakukan dengan jelas dan baik.
“AMDAL ini akan kita genjot hingga bulan Desember,” katus Korompot.
Menurutnya, jika semua proses dilalui maupun syarat termasuk terpenuhi, termasuk AMDAL, maka tidak akan lama lagi Bolmong akan memiliki terminal Tipa A.
“Jika AMDAL selesai, maka pembangunan terminal sudah bisa di usulkan,” terangnya.
Dia menambahkan, Pemkab sendiri optimis anggaran pembangunan terminal ini bisa terakomodir pada APBN regular maupun APBN Perubahan tahun 2017 mendatang. “Kita membutuhkan Rp 35 Miliar. Perkiraan tahun 2018 atau 2019, terminal sudah siap kita gunakan,” tambah Korompot.
Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat untuk mendukung setiap program pemerintah demi kepentingan dan kemajuan daerah.
“Kita mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar ini semua dapat teralisasi dengan baik karena ini demi kepentingan kita bersama,” harapnya.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.