Tolak Kelapa Sawit, LMP dan GRAS Bolmong Perkuat Barisan Aksi 10 Ribu Masa

0
133

TOTABUANEWS, BOLMONG – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow di Kecamatan Lolak, tengah mempersiapkan dan mematangkan aksi demo damai yang akan melibatkan 10 ribu masa, hal ini bertujuan untuk penolakan adanya perusahaan kelapa sawit yang diduga telah merampas lahan pertanian produktif milik para warga.

Ketua Laskar Merah Putih, Indra Wongkar mengatakan. Masyarakat petani khususnya di Kecamata Lolak, harus mendapatkan hak demi kelangsungan hidup sebagai petani.

“Kami bukannya menolak investasi, namun menolak investasi yang merugikan rakyat serta memohon agar sawit jangan ditanam di lahan produktif,” ujar Wongkar, Selasa (11/9/2018).

Ditegaskannya, dalam aksi demo damai ini, masyarakat petani yang telah dirampas lahan mereka tidak main main, karena kata Wongkar dalam aksi damai nanti akan ada kejutan yang bakal dilakukan.

“Sekitar 10 ribu warga yang sudah menyatakan diri ikut di aksi demo damai nanti” tegasnya.

Terpisah, Ketua Gerakan Rakyat Anti Sawit (GRAS) Bolmong, Franly Beret menuturkan perjuangan yang dilakukan dirinya dengan warga bertujuan agar petani penggarap di Bolmong sejahtera.

“Kami tolak sawit meski nyawa taruhannya. Sebab, warga petani penggarap sangat bergantung pada penghasilan bertani untuk kelangsungan hidup mereka dan keluarga,” katanya.

Lanjut Beret, dirinya bersama warga tidak akan menyetujui produksi sawit di Bolmong karena masih banyak tanaman lain yang bisa diolah.

“Sampai kapan pun saya menolak sawit. Ini harga mati,” tegasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.