Wabup Bolmong Hadiri Rakor Pembinaan SDM di Sulteng

0
37
TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) yang diwakili oleh Wakil Bupati, Yanni Ronny Tuuk, Kamis (26/4/2018). Menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN), di Clarion Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini digelar dari tanggal 25-28 April 2018. Serta turut dihadiri Dirjen Otda, Dirjen Keuangan Daerah, Kepala LAN RI, serta Kepala BPSDMA kabupaten dan kota se-Indonesia.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang sama bagi penentu kebijakan untuk membangun koordinasi dan sinergitas pengembangan kompetensi SDM ASN.
“Pengembangan dan peningkatan profesionalisme SDM Aparatur berbasis kompetensi. Karena saat ini ASN bukan lagi bekerja apa adanya tetapi harus mengacu kepada output dan outcomes, sehingga dibutuhkan sertifikasi keahlian bagi ASN,” ujarnya.
Ada empat hal yang harus menjadi dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan.
“Mereka harus memiliki empat hal yakni, Kompetensi Teknis, Kompetensi Managerial, Kompetensi Sosial Kultural dan Kompetensi pemerintahan yang sebagaimana diatur dalam permendagri 108 tahun 2018,” tutupnya.
Sementara itu, Wabup Yanni sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan menegaskan apa yang disampaikan pihak Kemendagri nantinya menjadi acuan dalam pengembangan SDM ASN di Bolmong.
“Kegiatan ini sangat baik dan strategis. Sebab, terkait peningkatan SDM ASN. Apa yang didapat kali ini akan diupayakan untuk diterapkan di Bolmong, sehingga dalam pelayanan para ASN lebih baik dan maksimal,” singkat Wabup Yanni via telepon seluler.
Diketahui juga, selain Wabup Yanni Ronny Tuuk, dari Pemkab Bolmong ikut juga Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Umarudin Amba.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.