Wakili Pj Bupati Limi Mokodompit, Sekda Tahlis Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun di Bolmong

0
87

ADVERTORIAL, BOLMONG – Mewakili Pj Bupati Limi Mokodompit, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat 28 Oktober 2022.

Upacara tersebut dihadiri langsung para Asisten, Kepala OPD, Ketua KNPI Bolmong Feramitha Tiffany Mokodompit, unsur Forkopimda, sert para ASN, staf dan peserta upacara.

Dalam kesempatan itu, Tahlis membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menyampaikan, peringatan hari Sumpah Pemuda, adalah sejarah masa lalu untuk direnungi, dipelajari dan dijadikan teladan serta inspirasi.

“Sejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberi pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, Suku, Agama, Ras, Kultur, dan berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” kata Tahlis.

Dalam peringatan Sumpah Pemuda yang bertemakan ‘Bersatu Bangun Bangsa’ ini kata Tahlis, adalah pesan bagi semua bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

Selanjutnya dalam sambutan Menpora, Tahlis mengungkapkan pentingnya peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928, yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakan, yang menghantarkan kepada proklamasi kemerdekaan indonesia, Sehingga, peran pemuda telah mencatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting, karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan indonesia selalu ada,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut lagi dikatakan Sekda Bolmong, dalam membacakan sambutan, itu menambahkan bahwa hanya bangsa yang tangguh menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.

Sebab dikatakannya hal itu jika dilihat kondisi pemuda indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan. Baik pada level nasional, mau pun internasional,” terangnya.

Dalam sambutan Menpora yang dibacakan Tahlis ini pun mengajak seluruh elemen bangsa untuk menghimpun kekuatan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.