1.472 Rumah Tak Layak Huni di Bolmut Terima BSPS

0
144
1.472 Rumah Tak Layak Huni di Bolmut Terima BSPS
Depri saat meresmikan salah satu ruma layak huni warga Bolmut

TOTABUANEWS, BOLMUT – Sebanyak 1472 rumah warga berpenghasilan rendah dan tidak layak huni di Kabupaten Bolmut, telah ditingkatkan kualitasnya, melalui program Pemerintah lewat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Jumlah tersebut terhitung sejak tahun 2012 hingga tahun 2017, atau sejak pertama kali program ini digulirkan di Bolmut. Hal ini ditegaskan Bupati Drs Hi Depri Pontoh saat membuka sosialisasi program BSPS di Aula Kantor Camat Bintauna, Selasa (18/4/2017).

“Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penyelenggaraan program BSPS kepada unit pengelola kegiatan dan kelompok masyarakat penerima bantuan,”ujarnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, lewat program ini, pemerintah telah membantu memenuhi hak dasar rakyat berupa peningkatan kualitas rumah.

“Pemerintah telah menetapkan sektor perumahan dan pemukiman sebagai salah satu prioritas dalam upaya pembangunan manusia Indonesia seutuhnya terlebih khusus kabupaten Bolmut,”  kata Pontoh.

Dia juga menjelaskan, program tersebut secara berkala dilaksanakan dan digilirkan di enam kecamatan.

“Dari tahun 2012 ada 348 unit di 6 kecamatan, tahun 2013 sebanyak 177 unit di Kecamatan Sangkub, tahun 2015 sebanyak 359 unit di Kecamatan Boltim, tahun 2016 2015 unit di Kecamatan Bolbar dan Boltim dan tahun ini sebanyak 384 unit akan disebar di 11 desa pada wilayah 3 kecamatan dan itu berdasarkan hasil verifikasi dari tim teknis kabupaten,”jelas Pontoh.

Ditambahkannya,  ada 2 kelompok penerima bantuan ini, meliputi penerima kerusakan 3 komponen sebesar Rp 15 juta dan 2 komponen sebesar Rp 10 juta. “Komponen-komponen tersebut terdiri dari atap, lantai dan dinding. Saya berpesan agar masyarakat penerima bantuan ini dapat memanfaatkan dengan baik, karena keberhasilan program ini dapat membuka peluang bagi daerah untuk mendapatkannya di masa mendatang,”tutup Pontoh.

Peliput : Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.