106 Bumdes di Bolmut Terbentuk

0
66
Ivan Gathan SH

TOTABUANEWS, BOLMUT – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), untuk membimbing setiap perangkat desa serta memaksimalkan pengelolaan kelembagaan di masing-masing desa terbilang sudah semakin baik disetiap tahunnya.

Hal ini dibuktikan, oleh capaian dan peningkatan peran dari semua perangkat dan kelembagaan dalam mengelola sumberdaya serta anggaran dimasing-masing desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Ivan Gahtan SH, mengatakan. Bahwa hingga saat ini, tercatat beberapa program diseluruh desa yang terbilang sukses. Salah satu diantaranya adalah telah terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di 106 Desa se-Kabupaten Bolmut.

“Tahun ini, pengalokasian Anggaran dari Dana Desa (Dandes) ke Bumdes terbilang sudah cukup  baik, sebab secara akumulatif, sudah mencapai nominal Rp150 juta per desa,”ujar gahtan

Dijelaskan bahwa penyertaan modal tersebut, nantinya akan dikelola dan dikembangkan masing-masing Bumdes dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat serta menunjang penghasilan asli desa sesuai karakteristiknya.

“untuk menunjang terwujudnya pengelolaan Bumdes yang maksimal, kami telah berupaya memfasilitasi berbagai program pengembangan aparatur serta perangkat desa,” jelasnya.

Diungkapkannya, salah satu upaya pemerintah dalam menyukseskan usaha di setiap desa, pihaknya telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), di Desa Ponggok Kabupaten Klaten, melalui Kementerian Desa telah dinobatkan sebagai desa mandiri, serta mampu mencapai kategori desa terbaik dalam pengelolaan Bumdes.

Lebih lanjut, upaya untuk terus memaksimalkan peran Pemerintah dan perangkat desa serta pengelolaan keuangan dan kelembagaan akan terus dilakukan oleh Pemkab Bolmut.

“Dengan komitmen dari seluruh Pemerintah serta perangkat Desa, serta dukungan masyarakat, semoga upaya ini akan secepatnya berbuah maksimal”, Kunci Ivan rabu 13/9/2017.

Peliput : Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.