Bersama Kapolsek Pinogaluman, Sangadi Tuntung Timur Salurkan BLT-DD Tahap Dua

0
164

TNews, BOLMUT – Pemerintah Desa (Pemdes) Tuntung Timur, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua kepada warganya, bertempat di Kantor Desa setempat, Kamis (17/09/2020).

Penyerahan BLT-DD bulan juli tahun 2020 ini, dipimpin langsung Kepala Desa/Sangadi Tuntung Timur Yuliati Sabaru, didampingi Kapolsek Pinogaluman IPTU Kornelius SH, Camat Pinogaluman diwakili Kepala Seksi (Kasie) Pemerintahan Sarni Fayakun S.Pd, Pendamping Lokal Desa, dan dihadiri Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyerahan BLT DD tahap dua ini mengikuti protokoler kesehatan yakni memakai masker dan menjaga jarak.

Sangadi Tuntung Timur Yuliati Sabaru, dalam sambutanya mengatakan BLT-DD tahap dua ini, dianggarkan dari Dana Desa sebagai salah satu kebijakan untuk meringankan beban warga yang kurang mampu ditengah pandemi Covid-19.

“Pemdes Tuntung Timur, beberapa bulan baru menyelesaikan penyaluran BLT-DD tahap pertama Rp 600 ribu kepada KPM. Dan hari ini untuk pembagian BLT DD tahap ke dua bulan juli,”ungkap Sangadi Tuntung Timur.

Pagu anggaran BLT-DD tahap dua bulan juli ini lanjut Sangadi Tuntung Timur, sebesar Rp 30.600.000, disalurkan ke 102 Kepala Keluarga (KK), dan masing-masing KK mendapatkan Rp 300 ribu.

“Penyaluran BLT-DD tahap dua ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 7 tahun 2020, dan BLT-DD tahap dua ini diberikan selama tiga bulan juli, agustus dan september.Namun yang disalurkan hari ini untuk bulan juli, dua bulan agustus dan september masi menunggu juknis dari Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Bolmut,”kata Sangadi Tuntung Timur.

Ditambahkan Bunda Sangadi Tutung Timur ini, berharap bantuan ini bisa bermanfaat, kebutuhan warga dan dapat teratasi, beban perekonomian dapat berkurang dan dampak pandemi Covid-19 dapat teratasi.

“Semoga dengan adanya BLT-DD tahap duan ini, masyarakat dapat terbantukan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari dalam mengahadapi pandemi Covid-19,”pungkas Sangadi Tuntung Timur.

Sementara itu Camat Pinogaluman diwakili Kasie Pemerintahan Sarni Fayakun S.Pd, mengatakan menyampaikan kepada seluruh masyarakat penerima BLT – DD agar menggunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya dimasa pandemi Covid-19 yang sedang menyulitkan ekonomi.

“Beli lah barang yang bermanfaat antara lain membeli sembako untuk kebutuhan rumah tangga,”ujar Kasie Pemerintahan.

Disampaikannya juga Pemerintah Kecamatan Pinogaluman, memberikan apresiasi kepada Pemdes Tuntung Timur, karena sudah 95 persen warganya telah menyelesaikan kewajiban pajak.

“Pajak di Desa Tuntung Timur, sudah hampir mencapai 100 persen lunas. Untuk itu memohon kepada Bunda Sangadi Tuntung Timur, sudah bisah dulunaskan karena dalam waktu dekat ini, akan ada evaluasi terkait pajak,”ungkapnya.

Kapolsek Pinogaluman IPTU Kornelius SH, mengatakan agar masyarakat untuk selalu disiplin memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan dalam upaya menjaga diri dari penyebaran virus corona disease atau Covid 19.

“Saya meminta kepada masyarakat untuk disiplin memakai masker saat beraktivitas di luar rumah sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid 19,” tegas Kapolsek Kaidipang.

Kapolsek Pinogaluman juga menyampaikan saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Pebup) Nomor 31 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disesase 2020, dan saat ini sedang disosialisasikan kepada masyarakat.

“Dimana aturan tersebut, warga yang tidak memakaai masker saat beraktifitas diluar, maka akan kenakan denda Rp 50-100 ribu, dan pengusaha Rp Rp 500- 1 Juta,”tegas Kapolsek Pinogaluman.

Ditambahkan Kapolsek Pinogaluman, dirinya bahwa Kepolisian mengajak kepada seluruh warga Desa Tuntung Timur, untuk berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta meningkatkan kepekaan dan kepedulian bersama-sama dalam pemeliharaan kondusif keamanan di lingkungan masing-masing.

“Setidaknya apabila seluruh komponen masyarakat dan aparat keamanan dapat bekerjasama dan bersinergi, upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” pungkas Kapolsek Pinogaluman.

Reporter: Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.