Bolmut Panen Padi Hasil Demfarm

0
76
Bolmut Panen Padi Hasil Demfarm
TOTABUANEWS, BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh ikut melaksanakan Panen Padi hasil Demonstrasi Farming (Demfarm) pada Kelompok Tani Poompo. Kegiatan, sekaligus membuka Temu Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya seKabupaten Bolmut yang bertempat di Kelurahan Bintauna Kecamatan Bintauna.
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr Ir. Abdul Wahab Rauf, M Si mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mensukseskan swasembada pangan. “Yakni dengan memperkenalkan inovasi-inovasi teknologi pertanian untuk meningkatkan produktifitas tananman pangan,” ungkapnya

Lanjut Rauf, panen Padi hasil Demfarm ini bertujuan untuk percontohan kepada para petani. Jenis varietas padi yang didemonstrasikan diantaranya Inpari 33, 30, 19, 9 dan situbagendit memiliki keunggulan masing-masing. “Baik tahan terhadap serangan hama dan perubahan iklim. Selanjutnya, hasil panen ini bisa dijadikan bibit untuk dikembangkan. Para petani tinggal memilih jenis padi yang sesui dengan cita rasa dan kondisi lahan,” katanya.

Sementara itu Bupati Depri Pontoh menyampaikan terima kasih kepada BPTP dan Balai Pengawasan Sertifikasi Benih (BSPS) Provinsi Sulut atas kerja sama dalam upaya pemberdayaan petani melalui metode Demfarm. Depri berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh wilayah Bolmut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia pun mendambahka Metode Demfarm ini merupakan upaya fasilitasi pembelajaran kelompok tani melalui penerapan teknologi pertanian yang sudah teruji. “Agar petani mampu menggunakan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan produksi dan produktifitas padi. Dimana hasil panen dari Demfarm ini nantinya akan dijadikan sumber benih pada musim tanam yang akan datang,” ucapnya

Terkait dengan hal tersebut, Bupati pun mengingatkan bahwa peran penyuluh pertanian sangat penting dalam menunjang penerapan metode ini. “Pemda berharap para penyuluh dapat meningkatkan kinerjanya, sebagai agen pembaharu terutama transfer teknologi pada petani,” harap Bupati.

Ia menjelaskan, Pemerintah Daerah melalui BP4K akan segera menetapkan dengan Surat Keputusan Bupati tentang Penyuluh Pertanian Swadaya dan Swasta berjumlah 84 orang yang ditempatkan di 6 Kecamatan. “Sehingga dapat menjadi acuan para penyuluh swadaya untuk bekreja mengabdikan diri untuk peningkatan dan kemajuan sektor pertanian di Bolmut,” tutup Bupati.

Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.