Bupati Bolmut Buka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021

0
38

TNews, BOLMUT — Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs.Hi. Depri Pontoh, membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Bolmut Pola Kemitraan Dengan BPSMD Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 secara virtual yang bertempat di ruang bupati bolmut Senin (04/10/2021).

Bupati Bolmut dalam sambutannya menyapaikan bahwa perlu diketahui bahwa, pelaksanaan kegiatan lastar CPNS tahun ini, diatur dalam peraturan kepala Lembaga Adiministrasi Negara Nomor 1 tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri sipil.

“Dimana dalam Perkalan ini terdapat perubahan mendasar khususnya dalam mempertimbagakan kondisi pandemi Covid 19 saat ini, sehingga dilakukan penyusaian dalam sistem penyelenggaraan pelakasanaan pelatihan CPNS, dari metode klasikal berubah menjadi metode blended learning yaitu perpaduan antara pemelajaran klasikal dan pembelajaran mandiri atau Distance learning” kata Bupati Bolmut.

Model pembelajaran ini lanjutnya adalah suatu model pembelajaran yang menggabungkan metode pengajaran face to face dengan metode pengajaran berbasis komputer, baik secara off line maupun on line untuk membentuk suatu pendekatan pembelajaran, yang tatap muka, aplikasi, belajar, mandiri, tutorial, kerjasama, dan evaluasi.

“Pola pembelajaran ini merupakan solusi efektif dalam pelaksanaan pelatihan dasar cpns dimasa pandemi covid 19 saat ini, dengan tidak menggeser teori teori pembelajaran lama melalui pembinaan yang mengarahkan kepada upaya peningkatan, sikap dan semangat pengabdian yang berorentasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air, kopmpetensi teknis, manajerial, dan atau kepemimpinan, dan efisiensi, efektivitas dan kualitas” ujar Bupati Bolmut.

Disampaikan juga Bupati Bolmut, pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya. Untuk itu dengan melihat pola pembelajaran sebagaimana saya sampaikan tadi, bukan berarti metode pelatihan dasar yang tidak diasramakan tidak dapat membentuk sosok PNS yang memiliki kompetensi yang baik, namun sebaliknya, pola pelatihan dasar ini bisa lebih baik lagi dalam melahirkan PNS yang memiliki kompetensi dan kedisilpinan yang tinggi.

“Dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia, serta untuk melaksanakan ketentuan undang undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, maka diperlukan keseragaman nilai nilai dasar ASN,”ungkap Bupati Bolmut.

Ditambahkan juga orang nomor satu di Kabupaten Bolmut ini, bahwa menjadi seorang ASN atau abdi negara harus memiliki rasa tanggungjawab pengabdian yang besar, baik tanggung jawab kepada masyarakat maupun kepada Tuhan YME.

“Pelatihan dasar CPNS ini hanya dapat diikuti satu kali saja, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh CPNS supaya dapat diangkat sebagai PNS adalah dengan lulus pelatihan dasar CPNS. Jika Saudara tidak lulus pelatihan dasar CPNS ini, maka saudara – saudara akan diberhentikan dari sebagai calon PNS. Untuk itu saya minta ikuti pelatihan ini dengan sungguh- sungguh,” tegas Bupati Bolmut.

Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Kepala BPSDM Drs. Marhaen Royke Tumiwa, M.PD, terhubung secara virtual, Sekertaris Daerah Bolmut DR, Drs, Hi, Asripan Nani M.Si, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf khusus Bupati, Kepala BKPP Bolmut, serta Pimpinan OPD terkait.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.