Bupati Bolmut Siap Tidaklanjuti Intruksi Pemerintah Pusat

0
59
Loading...

TNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dibawah Pimpinan Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh, siap melaksanakan perintah dari Pemerintah Pusat. Hal ini disampaikan langsung  Bupati Bolmut, pada Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Forkopimda mengadakan vidio conference dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Selasa (31/3/2020).

Dalam Rakor tersebut yang  Gubernur Sulut, menekankan untuk bersama-sama perang melawan Virus Covid-19 secara aktif masif dan terstrukur. “Saya mengajak kepada seluruh Kepala Daerah untuk, melawan Virus Covid 19, “ujar Gubernur Sulut.

Tidak hanya itu Gubernur juga meminta seluruh Kepala Daerah see Sulut, untuk segerah melakukan pergeseran anggaran,  sesuai dengan intruksi pemerintah pusat.  “Dana Desa segera digeser untuk anggaran penanganan Virus Corona sebagaimana instruksi Pemerintah Pusat,” tegas Olly.

Sementara itu Bupati Bolmut,  melaporkan bahwa Pemkab Bolmut, terus berkomitmen untuk melawan pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19) dengan segenap kompenen yang ada agar Kabupaten Bolmut bebas dari ancaman penyebaran Virus Covid 19. “Kami  siap menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat dalam dukungan pembiayaan dan anggaran APBD tahun 2020 untuk digeser penanganan  Virus Covid 19 ,” ungkap Bupati Bolmut.

Disampaikan juga Bupati, Pemkab Bolmut saat ini, sudah menyurati ke DPRD Bolmut (pemberitahuan) tentang alokasi anggaran untuk pencegahan penanggulangan Covid 19. “Kami sudah menyurati berupa surat pemberitahuan ke DPRD Bolmut, terkait dengan usulan anggaran pergeseran pencegahan dan penanganan Covid 19, “ungkap Bupati.

Tidak hanya itu Bupati juga melaporkan kepada Gubernur,  dirinya sudah memerintahkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) untuk menggunakan Dana Desa untuk pencegahan Covid 19. “Pemdes se-Kabupaten Bolmut, untuk segera melakukan action Plan untuk mengggunakan Dana Desa, sesuai kebutuhan yang ada, dan mengedepankan koordinasi yang baik dan transparan dengan badan perwusyawaratan desa (BPD) untuk melakukan perubahan APBDesa menggeser pembelanjaan bidang sub bidang untuk kegiatan sosialisasi kesehatan kaitan pencegahan virus Covid 19, yang melibatkan unsur dan komponen masyarakat terkait lainya dan membentuk relawan desa pencegahan virus corona,” tandas Bupati Bolmut

 

Uphik Mando 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.