Digelar Secara Virtual Realty, Pemkab Bolmut Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

0
87

TNews, BOLMUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengukuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara terpusat melalui virtual realty langsung dari Istana Negara guna mendengarkan arahan Presiden RI.

Upacara Pemkab Bolmut, yang digelar secara virtual realty tersebut bertempat di ruang rapat Bapelitbang Kabupaten Bolmut, Selasa (1/06/2021) dan di ikuti langsung Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh.

Inspektur upacara hari lahir Pancasila Tahun 2021 Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi)  dan bertindak selaku Perwira Upacara Brigjen Novi Helmy Prasetya dan sebagai Komandan Upacara Kolonel Infanteri Muhammad Imam Gogor.

Upacara peringatan Harlah Pancasila yang dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-6 Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, para ketua lembaga negara, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, dan para utusan negara-negara sahabat, diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada upacara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas membacakan teks Pancasila, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan teks

Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan Menko Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Presiden RI Ir Joko Widodo, dalam sambutanya menyampaikan Peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan Presiden Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016. Dimana peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Meskipun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan masyarakat Tanah Air, namun Jokowi berpendapat sepanjang republik Indonesia ini berdiri tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan.

“Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” kata Jokowi dari Istana Kepresidenan di Bogor.

Perkembangan global pun, lanjut Jokowi tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,”ujar Presiden RI.

Ditambahkannya Tema Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 adalah “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.pungkasnya.

Turut Hadir Upcara Hari Lahir Pancasila Pemkab Bolmut secara Virtual Realty,  Kapolres Bolmut, Kepala Pengadilan Agama Boroko, Kepala Kantor BPS, Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli Bupati, serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Bolmut.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.