Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut Sukses Gelar Uji Coba Laboratorium Religi

0
50
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut Sukse Gelar Uji Coba Laboratorium Religi
Kadis Dikbud bersama Bupati Bolmut saat Pembukan Uji coba Laboratorium Religi. (F: Fadlan)
TOTABUANEWS, BOLMUT –  Uji coba laboratorium religi tingkat pelajar sekolah menengah sukses digelar, Rabu (12/10/2016). Dihadiri ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dibuka langsung Bupati Bolmut, Drs Hi Depri Pontoh, bertempat di SMP Negeri 1 Kaidipang.
Kegiatan tersebut diikut para siswa dengan penuh antusias, bahkan saking semangatnya, mereka membawa kitab suci Al-Quran bagi Islam dan Injil untuk Kristiani.
Menurut Kepala Dinas (Kadis)  Dikbud Bolmut, Drs  Abdul Nazarudin Maloho S Pd M Si,kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter siswa. Di mana, dari kondisi yang ada, banyak yang belum memahami nilai-nilai agama dengan baik.
“Seperti berselancar dengan dunia maya yang syarat pornografi, cenderung kurang santun terhadap orang tua, guru, dan sesama teman, serta penyalahgunaan narkotika. Hal itupun dapat dicegah salah satunya dengan pengembangan sekolah berkarakter melalui Laboratorium Religi,” Ujar Maloho.
Lanjutnya, sebagaimana bimbingan dari Bupati Bolmut selaku pembimbing pada PIM II, agar nantinya bagi siswa yang lulus dari SD dan SMP mendapatkan sertifikat Hatam Qur’an bagi Umat Muslim serta sertifikat Hafal Ayat bagi Umat Kristiani.
“Dalam kegiatan ini akan lahir Peraturan Bupati yang mengatur tentang kegiatan-kegiatan Laboratorium Religi serta akan di uji terakhir oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).”terang Maloho.
Sementara itu, Bupati Bolmut, Drs H Depri Pontoh, dalam sambutannya, memberi apresiasi dan menilai kegiatan yang sangat sakral berkaitan dengan syiar tersebut sangat positive dilaksanakan. “Kegiatan ini bisa membentuk mental-mental anak didik secara umum baik dari umat muslim maupun kristiani ke arah yang lebih baik,” tutur Depri.

Konsep religi seperti ini kata Depri, mampu merobah tingkah laku dan sifat anak didik, sehingga orang nomor 1 di Bolmut itu berharap kegiatan tersebut bukan hanya sebagai program saja akan tetapi harus dibudayakan.

“Sebagai pemerintah kami mengapresiasi dan berterima kasih  kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut Abdul Nazarudin Maloho S Pd  Msi, yang tanggap dan mampu mewujudkan kegiatan positive seperti ini yang bertujuan mulia yaitu memanusiakan manusia.”tutupnya.

Pantauan TOTABUANEWS turut Hadir pada kegiatan, Staf Ahli, Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Bolmut, Eselon II, III, IV dan Jajaran Aparat Sipil Negara Kab. Bolmut, yang mewakili Kepala Kementrian Agama, yang mewakili Kapolsek Urban, Ketua PHBI Kab. Bolmut, Ketua MUI Kab. Bolmut,Tokoh Masyarakat, para Kepala Sekolah dan Jajaran Guru dari Sekolah Dasar, SLTP dan SLTA sederajat, serta para siswa SMP Negeri 1 Kaidipang.

Peliput : Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.