Doktor Arter Datunsolang Sampaikan Pentingnya Peran Pers dalam Mengawal Pemilu

0
105
Gambar: Doktor Arter Datunsolang S.Pd M.Si.

TNews, BOLMUT – Doktor Arter Datunsolang S.Pd M.Si menyampaikan peran Jurnalis dalam mengawal setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu pada pemilu Tahun 2024.

Hal ini disampaikan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dengan Media beberapa hari lalu.

Pada pemaparannya Arter menjelaskan secara rinci tentang peran serta media dalam mengawal serta mengawasi setiap detail tahapan terutama dalam menepis isu yang mungkin akan muncul.

Media tentunya akan sangat membantu mengonter opini publik yang mengarah pada memecah belah.

“Peran media dalam menyukseskan pemilu sangat penting dan pundentalis, oleh karenanya media harus mampu menyajikan berita yang mengedukasi pembaca,” katanya.

Doktor yang juga seorang Birokrat ini menjelaskan bahwa media juga bisa membentuk opini publik, untuk itulah bagaimana kinerja awak media dalam menghimpun informasi hingga mengkonstruksi sebuah berita.

Menurutnya di tengah banjir informasi di media sosial, media harus mampu menjadi penangkal dari informasi-informasi liar, sebab media merupakan benteng terakhir yang harus menyajikan imformasi akurat dan bermanfaat.

“Kerja jurnalis tak lepas dari Kode Etik Jurnalis yang harus dipahami dan dipatuhi, selain itu Framing media juga sangat mempengaruhi opini publik, untuk itulah media harus bijaksana dalam menyajikan sebuah berita sehingga pembaca tidak hanya mendapatkan informasi namun juga edukasi,” tutupnya.*

Reporter : Fadli Potabuga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.