Hadiri Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah, Ini Pesan dan Harapan Bupati Bolmut

0
85

TNews, BOLMUT — Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah se – Kabupaten Bolmut, bertempat di gedung wanita kawasan pantai batu Pinagut. Selasa (14/09/2021).

Bupati Bomut Drs.Hi. Depri Pontoh, dalam sambutannya, menyampaikan pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas Sumbe Daya Manusia (SDM), oleh karena itu pembangunan pendidikan baik secara nasional maupun regional harus mampu menjamin pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan guna menghadapi tantangan sesuai dengan perubahan kehidupan global.

“Saya  memberi apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, serta ucapan terima kasih kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara, atas partisipasi dan kerjasama yang terbangun saat ini”.kata Bupati Bolmut.

Disampaikan juga orang nomor satu di Kabupaten Bolmut ini, tantangan terbesar bagi kepala sekolah sebagai seorang “manager” di sekolah adalah masalah mutu pendidikan. Harus disadari bersama bahwa peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya penting dalam membangun dan menjamin masa depan anak dan masa depan bangsa.

Memperkuat pelaku pendidikan, khususnya kepala sekolah merupakan sesuatu yang tidak dapat ditunda-tunda. Sebab, masih banyaknya kepala sekolah yang menduduki jabatannya tanpa melalui pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah, sebagaimana diatur dalam peraturan mentri pendidikan nasional nomor 28 tahun 2010. Kemudian dipertegas kembali melalui peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, dimana kepala sekolah wajib mengikuti diklat penguatan kepala sekolah dengan memperoleh sertifikat tanda tamat pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan mewujudkan kepala sekolah yang handal, profesional, memiliki kompetensi dan berkualitas sesuai dengan standar kepala sekolah, sebagaimana diamanahkan dalam peraturan mentri pendidikan nasional nomor 13 tahun 2007”.harap Bupati Bolmut.

Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, SH., menghadiri pembukaan kegiatan diklat calon Kepala Sekolah untuk Kabupaten Bangka Barat di Hotel Fox Haris Pangkalpinang, Selasa, 7/9/21. Sebanyak 39 peserta mengikuti Calon Diklat Kepala Sekolah yang berlangsung dari tanggal 7 – 11 September 2021.

Ditambahkan Bupati Bolmut, dirinya berpesan agar dapat mengatur dengan baik dalam mendidik anak-anak/ siswa ketika menjadi seorang Kepala Sekolah. “Kabupaten Bolmut, sangat mengharapkan sosok Kepala Sekolah yang energik, cerdas, arif dan bijaksana. Dengan adanya diklat ini diharapkan bisa menambah ilmu dan memahami karakter, serta perilaku siswa. Untuk itu, gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar apa yang di dapat selama diklat ini bisa memberikan manfaat kepada orang lain,” pungkas Bupati Bolmut.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulut bapak Febry H.J. Dien, ST, M.Inf.Tech (MAN) beserta tim, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut Sulha Mokodompis, S. Pd, M.Si, staf khusus Bupati, dan peserta diklat.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.