Hadiri Rapat Evaluasi PBB Tahun 2020, Sangadi: Realisasi Pajak Desa Talaga 100 Persen

0
87

TNews, BOLMUT — Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa/Sangadi Kepala Desa Talaga Kecamatan Bolangitang Barat (Bolbar) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Talha Mokoalung SP, menghadiri rapat evaluasi pendapatan daerah, khususnya tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2020, Kamis (1/10/2020).

Rapat bertempat di Ruang Rapat Badan Pengeloaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bolmut, dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP didampingi Asisten Administrasi Umum Sekda Bolmut Aang Wardiman, Ak.CA, dan Kepala BPKD Bolmut Sirajudin Lasena, SE., M.Ec.Dev, dan turut dihadiri Camat dan Sangadi se- Kecamatan Bolangitang dan Bolangitang Timur.

Plt Sangadi Talaga Talha Mokoalung SP, mengatakan berkat  upaya kerja keras yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Talaga dalam melakukan penagihan PBB, akhirnya membuahkan hasil.Dimana target PBB sebesar Rp 10.356.910 dari total wajib pajak telah tergaih 100 pesen.

“Alhamdulillah, untuk realisasi PBB di Desa Talaga Tahun 2020, sudah 100 persen tertagih sudah disetorkan ke kas daerah dan dilaporkan ke Camat Bolangitang Barat,” kata Sangadi Talaga, kepada Totabuan News usai mengkuti rapat evalusi.

Sangadi Talaga juga mengucapkan terimakasih kepada warganya yang telah taat membayar pajak.

“Terimakasih atas kerjasama yang baik seluruh warga Desa Talaga, dan pajak ini akan kembali ke masyarakat lewat program pemerintah,”

Terpisah Camat Bolbar Supriadi Goma, S.Pd, menghimbau kepada seluruh sangadi di Kecamatan Bolangitang Barat, agar segera menuntaskan PBB yang sudah menjadi tanggung jawab Desa masing-masing. Hal ini mengingat batas waktu pelunasan hanya tinggal beberapa bulan kedepan.

“Realisasi penerimaan PBB di Kecamatan Bolbar,saat ini baru 65,33 persen,”kata Camat Bolbar.

Ditambahkan Camat Bolbar, sebanyak 18 Desa di Kecamatan Bolbar, baru 4 Desa yang melunasi PBB, yak ini Desa Talaga, Tote, Paku dan Iyok lunas. Desa yang lunas PBB ini kata Camat Bolbar karena aparat desanya proaktif dan intens melakukan penagihan.

“Saya sangat berterimakasih dan memberikan aprsesiasi kepada desa yang telah melunasi pajak dan meminta kepada desa yang belum melunasi pajak, agar segerah melunasi pajak kerena akhir bulan Oktober ini realisasi pajak untuk Kecamatan Bolbar harus 100 persen,”tandas Camat Bolbar.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.