Inovasi Proyek Perubahan PIM II, Santoro Cetuskan “PELAMINAN INDUK ITIK” Dinas Dukcapil Bolmut

0
86

TNews, BOLMUT — Persyaratan yang dipersyaratkan dalam penyelesaian Diklat Kepemimpinan (PIM) II adalah salah satunya penyusunan inovasi ilmiah berupa proyek perubahan yang nantinya bisa digunakan di Instansi dan berguna bagi masyarakat.

Proyek perubahan yang ditawarkan dan dipaparkan oleh Santoro S.Pd, yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) di Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bolmut itu adalah berupa pelayanan berbasis Information Technology (IT), yang diberi nama Pelayanan Adminisitrasi Kependudukan Berbasis Informasi Teknoklogi atau disingkat dengan PELAMINAN INDUK ITIK.

“Alhamdulillah proyek perubahan untuk Diklat Pim II yang digelar KMP LAN Kota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan, saya mengambil inovasi proyek perubahan dengan judul PELAMINAN INDUK ITIK untuk Dinas Kependudukan Catatan Siplil (Dukcapil) Kabupaten Bolmut,” kata Santoro, S.Pd pada rapat Panitia Proyek Perubahan, Jumat (16/07/2021) bertempat diruangan Asisten III Setda Bomut.

Keunggulan dari inovasi ini kata Santoro, mempermudah, mempercepat masyarakat Kabupaten Bolmut, dalam mengurus keperluan yang ada di Dinas Dukcapil Kabupaten Bolmut.

“Program ini nantinya menjadi satu data dan akan kami bagikan ke seluruh Desa se Kabupaten Bolmut, dan Dinas Dukcapil Bolmut, dengan tujuan apabila ada masyarakat yang melakukan pengurusan Kartu Keluarga, Akte Lahir Anak, dan Akte Kematian langsung memasukan datanya secara update,” jelas Santoro.

Setelah masyarakat meberikan laporan secara update ke Desa lanjutnya, pihak Desa langsung menuruskan laporan tersebut ke pihak Dinas Dukcapil Bolmut, untuk keluarkan permohonan tersebut.

“Contoh masyarakat yang melakukan pegurusan Akte Lahir tinggal melaporkan ke Desa, setelah itu pihak Desa, menuruskan ke Dinas Dukcapil Kabupaten Bolmut, dan dalam waktu 20 menit, Akte Lahir tersebut langsung diterbitkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bolmut, yang dkirim kembali langsung melalui pesan WhatsApp Kepala Desa,” papar Santoro.

Santoro berharap, dengan adanya program ini bisa menjadi pusat laporan masyarakat yang cepat dan tepat sasaran mengenai pegurusan administrasi kependudukkan di Dinas Dukcapil Bolmut.

“Semoga program ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Bolmut ” terangnya.

Sementara itu Asisten III Setda Bolmut Uteng Datunsolang, selaku Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Utara mendukung sepenuhnya Proyek Perubahan yang dilakukan Santoro S.Pd, dengan mengambil lokus Kecamatan Bintauna dan Kecamatan Sangkub, yang jaraknya jauh dari ibu kota Kabupaten.

“Kami selaku Pelaksana sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh saudara Staf Ahli Bupati Bolmut. Mengingat luas wilayah Kabupaten Bolmut sangat luas 1.857 km², sehingga ketika melakukan pegurusan adminstrasi kependudukan perlu adanya tarsaportasi jangkauan, tetapi dengan adanya program ini menjadi mudah terjangkau dan bisa membantu dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan “ungkap Datunsolang.

Teripisah proyek perubahan ini mendapat dukungan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut DR.Drs.Hi. Asripan Nani, M.Si, yang juga selaku mentor oleh Santoro S.Pd, pada Diklat Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2021.

Disampaikan Sekda Bolmut, selaku mentor dirinya memberikan dukungan sepenuhnya atas ide dan gagasan tentang proyek perubahan dalam hal penerapan PELAMINAN INDUK ITIK atau Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis IT.

“Hal ini sangat penting untuk kebutuhan di Kabupaten Bolmut, karena secara geografis Kabupaten Bolmut sangat bejauhan baik Desa maupun Kecamatan, apalagi dihubungkan dengan kondisi pademi Covid 19 saat ini,”ujar Sekda Bolmut.

Oleh karenanya Sekda Bolmut menambahkan salah satu upaya penegakan protokol kesehatan, atau physical distancing, adalah menghidari kerumunan disaat pelayanan di loket.

“Semoga proyek perubah ini memberikan kontrubusi dalam hal percepatan pelayanan administarsi kependudukan di Kabupaten Bolmut. Sekali lagi saya memberikan dukungan secara nyata terhadap proyek perubahan ini, karena ini adalah kebutuhan Pemda Kabupaten Bolmut,”pungkas Sekda Bolmut.

Uphik Mando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.