Irup Hut Ke-59 Pramuka, Bupati Bolmut Berharap Pramuka Mampu Lahirkan Calon Pemimpin Masa Depan

0
67

TNews, BOLMUT– Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Bolmut, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), peringatan hari ulang tahun (HUT) Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Jumat (14/08/2020).

Upacara yang digelar di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut ini, dengan Tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

Bupati Bomut dalam sambutanya mengatakan gerakan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter generasi muda diharapkan dapat melahirkan pemimpin di masa yang akan datang.

“Pendidikan karakter yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini akan sangat dibutuhkan untuk Indonesia di masa yang akan datang dan itu semua sudah diimplementasikan oleh gerakan pramuka,” tutur Bupati Bolmut.

Bupati juga berharap, agar bisa aktif pada bidang kepramukaan agar bisa mempersiapkan generasi penerus bangsa yang nantinya mampu membawa daerah ini ke arah yang lebih baik, dan Indonesia yang makin gemilang di masa yang akan datang.

Tidaknya itu Bupati  pada kesempatan tersebut juga membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen. Pol. (Purn.) Budi Waseso.

Dalam sambutan seragamnya, Budi Waseso berharap Gerakan Pramuka terus mendukung dan bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang makin yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Termasuk di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Peran aktif Gerakan Pramuka dalam membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan. Walau saat ini Gerakan Pramuka telah terlibat aktif membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19.

“Untuk tahun ini, tema Hari Pramuka adalah peran gerakan pramuka ikut
membantu dalam penanggulangan
bencana Covid-19 dan bela negara. Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19,” kata Budi Waseso dalam sambutannya

Beberapa upaya Gerakan Pramuka dalam membantu Pemerintah untuk menangani Covid-19 yaitu ikut mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Pramuka juga ikut berkreasi membuat masker, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dibagikan bagi yang membutuhkan, membuat dan membagikan hand sanitizer, serta penyiapan bantuan makanan untuk dibagikan gratis kepada yang membutuhkan, sampai aktif pula dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19,” jelasnya.

Bukan hanya itu saja, dirinya pun turut berharap pada apa yang telah dilakukan olehnya Gerakan Pramuka dalam upaya membantu Pemerintah untuk menangani Covid-19 dapat bernilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP., Ketua DPRD Franky Chendra, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Kapolres Bolmut AKBP. Eko Kurniawan, SIK., Kajari Bolmut Moch. Riza Wisnu Whardana, SH., M.Hum., Pimpinan SKPD serta jajaran pengurus Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bolmut.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.