Jelang Idul Adha, Timkes Tinjau Penyembelian Sapi Qurban

0
882
Jelang Idul Adha, Timkes Tinjau Penyembelian Sapi Qurban

TOTABUANEWS, BOLMUT – Jelang Idul Adha 1438 Hijriah, Tim Kesehatan (Timkes) Ternak Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), bakal memantau langsung penyembelian hewan kurban diseluruh wilayah Bolmut.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan perkebunan (DP3) Bolmut, melalui Kepala Bidang Peternakan, Zulkan Pohontu mengungkapkan, pihaknya telah membentuk Timkes yang akan memantau langsung penyembelian hewan di wilayah Bolmut.

“Timkes ternak  terbagi secara menyeluruh yang akan turun langsung disemua wilayah kecamatan, yang sejak satu hari sebelum idul adha, hingga tiga hari sesudah idul adha,” Ujar Zulkan. Senin (28/8/2017).

Diungkapkanya, timkes ternak Pemkab Bolmut ini akan berkoordinasi dengan Timkes ternak Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk seleksi penyembelihan halal yang akan diterapkan pada hari raya kurban tahun ini.

“Kami dari pemerintah, sangat ketat dalam menyortir penyembilian sapi korban tahun ini, sebab kami kuwatir jangan sampai, penyembelian sapi korban tersebut sakit atau terkena virus antraks,” kata Zulkan.

Sementara, Kepala Seksi Kesehatan hewan, Fudin Talibo menambahkan, seleksi hewan kurban yang akan dilakukan mencakup, kesehatan, umur, bobot, persyaratan sarana berupa kandang sementara, tempat penyembelihan yang kering, lubang penampungan darah, serta perlakuan hewan sebelum disembelih, tata cara penyembelian, pemeriksaan postmortem serta penanganan daging yang sehat.

“Ini adalah persyaratan utama bagi kami dalam memenuhi kebutuhan sapi qurban pada hari raya idul adha nanti,”tamba talibo.

Peliput : Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.