Korompot Buka Sosialisasi Pengelolaan dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir Laut

0
285
Suriansyah Korompot

TOTABUANEWS, BOLMUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Suriansyah Korompot SH, Rabu (16/03) secara resmi membuka Sosialisasi Pengelolaan dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir Laut di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Kegiatan yang digelar oleh Bagian Sumber Daya Alam Setda Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat khususnya di wilayah pesisir serta meningkatkan pengetahuan dalam pengelolaan potensi sumber daya pesisir. Khususnya perikanan secara optimal sebagai suatu usaha yang dapat memberikan kontribusi besar, terhadap peningkatan pendapatan daerah dan masyarakat.

Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pembangunan Sumber daya alam hayati dan ekosistemnya adalah bagian Integral dari Pembangunan Nasional yang berkelanjutan sebagai pengalaman Pancasila. “Dalam pemanfaatannya sumber daya alam salah satunya ekosistem pesisir laut baik yang bersifat terbaharui maupun tidak terbaharui semakin meningkat seiring dengan bertambahnya populasi manusia, sehingga tekanan terhadap sumberdaya alam semakin meningkat pula. Hal tersebut dipicu oleh kegiatan yang tidak mengacu pada kriteria-kriteria pembangunan berwawasan lingkungan serta pemanfaatan sumberdaya laut yang berlebihan,” ujar Korompot.

Korompot menghimbau, dalam upaya menjaga dan merawat kelestarian ekosistem pesisir, bukan hanya warga masyarakat pesisir saja yang turut serta dalam melestarikan ekosistem pesisir, melainkan membutuhkan banyak sokongan dari pemerintah serta semua elemen masyarakat agar proses pengelolaan ekosistem pesisir bisa berjalan tidak hanya untuk jangka pendek, hingga jangka panjang. “sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Bolaang Mongondow Utara,” tandasnya.

Amad Filabuya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.