Legislator Bolmut Tantang Bawaslu

0
20

TNews, BOLMUT – Saat ini pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) telah memulai pendaftran calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah yang ada di daerah ini.

“Sebagai salah satu penyelenggara perhelatan pesta demokrasi, maka pengawasan terhadap TPS sangat penting, sehingga itu kami menguji kinerja dari Bawaslu Bolmut,” terang Sri Anita Potabuga, anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut kemarin.

Menurutnya proses perekrutan terhadap para pengawas TPS ini harus benar-benar professional dan melihat latar belakang para pelamar yang telah memasukan berkasnya. “Hal ini sangat penting, jangan sampai Bawaslu Bolmut merekrut mereka yang menjadi tim sukses dari salah satu pertain politik,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua Bawaslu Bolmut Irianto Pontoh, menegaskan jika dalam rekrutmen pengawas TPS ini Bawaslu akan benar-benar selektif terutama dalam hal sterilnya pengawas TPS nanti dari pengaruh Partai Politik.

“Pada prinsipnya Bawaslu akan lebih selektif lagi dalam rekrutmen Pengawas TPS karena ujung tombak pengawasan hari H pemungutan dan penghitungan suara ada ditangan mereka. Untuk itu Bawaslu sangat mengutamakan orang-orang yang murni independensinya tanpa ada kontaminasi dgn kepentingan pribadi maupun kelompok, dan syarat utamanya bukang anggota dan pengurus partai politik,” tukas Pontoh.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.