Memasuki Masa Tanam Pemdes Wakat Serahkan Bantuan Kebutuhan Tani

0
70
Gambar : Dokumentasi saat penyaluran bantuan Pertanian di Balai Desa Wakat.

TNews, BOLMUT – Memasuki musim hujan para petani Desa Wakat mulai mempersiapkan keperluan dalam bercocok tanam.

Dalam mempersiapkan keperluan itu tentunya para petani harus siap dengan alat-alat penunjang misalnya mesin pemangkas rumput, racun rumput, sampai dengan bibit jika hendak akan menanam.

Melihat fenomena ini Pemdes Wakat mengalokasikan Anggaran Ketahanan Pangan untuk bantuan di bidang Pertanian dan Nelayan.

Khusus di bidang Pertanian Pemdes menganggarkan untuk pembelanjaan 72 mesin pemangkas rumput, 4 Sprayer Cars, 2 Sprayer Malaysia, 170 liter racun pestisida.

Jenis-jenis kebutuhan tani ini sudah diperterimakan oleh Pemerintah Desa Wakat kepada 87 penerima di 8 kelompok yang ada pada Hari Senin (22/05/2023).

Jenis bantuan ini disalurkan kepada penerima secara bervariasi sesuai dengan usulan masing-masing pada rapat kelompok sebelumnya.

Sangadi Desa Wakat Taufik Angkareda, S.Ip kepada media ini mengatakan bahwa Bantuan Ketahanan Pangan yang bersumber dari Dana Desa khusus di bidang Pertanian Alhamdulillah sudah disalurkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing warga tani.

Menurut Taufik bantuan bervariasi yang bersumber dari DD tahap satu ini dialokasikan kepada 87 penerima yang tersebar di 8 kelompok tani.

Taufik pun membeberkan bahwa Bantuan Ketahanan Pangan ini merupakan program pemerintah melalui Menteri Keuangan Republik Indonesia.

“Pemerintah dalam hal ini menekankan agar penggunaan Dana Desa Tahun 2023 lebih difokuskan ke beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Ketahanan Pangan diantaranya penanganan kemiskinan ekstrim serta penguatan ketahanan pangan,” Pungkasnya.*

Reporter : Fadli Potabuga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.