Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemkab Bolmut Kerjasama Dengan Bank SulutGo dan BPKP

0
37

TNews, BOLMUT – Sebagai upaya optimalisasi pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Buktinya Senin (08/03/2021) bertempat di Kantor PT Bank SulutGo, di Manado, Pemerintah Kabupaten Bolmut  melakukan kegiatan perjanjian kerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Daerah Sulawesi Utara (Sulut) dengan PT.Bank SulutGo.

Pejanjian kerjasama tersebut tertakait pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi antara rekening kas umum daerah dengan Aplikasi SIMDA Keuangan.  Dan perjanjian kerja sama ini pihak Pemkab Bolmut ditandatangani oleh kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut, Sirajudin Lasena, SE M.Ec.Dev. Acara ini dihadiri langsung Bupati Bolmut Drs.Hi.Depri Pontoh, Sekretaris Daerah Bolmut Dr.Drs.Hi.Asripan Nani, M.SI beserta jajaran, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulut Setya Nugraha, dan Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry A.M. Dendeng.Pada kesempatan tersebut Direktur PT. Bank SulutGo Jeffry A.M. Dendeng, mengatakan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama ini, sebagai tonggak bagi Bank SulutGo untuk senantiasa meningkatkan pelayanan di waktu yang akan datang serta menjadi bukti kepercayaan Pemkab  Bolmut kepada Bank Sulut,”kata Dirktur PT. Bank SulutGo.

Disampaikannya juga manfaat cash management system yang dapat dirasakan oleh Pemerintah Daerah, diantaranya adalah mengurangi risiko pengembalian berkas SP2D, memudahkan Pemerintah Daerah dalam memantau transaksi keuangan kas daerah, mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga, dan memudahkan Pemerintah Daerah melakukan rekonsiliasi keuangan. “Berbagai manfaat tersebut diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menyusun laporan keuangan yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan opini BPK RI atas laporan keuangan Pemerintah Daerah,”.ujar Direktur Bank SulutGo.

Tidak hannya itu dia pun mengemukakakn esensi dari Kasda Online. Seperti diketahui, saat ini semua orang sedang menghadapi wabah Covid-19. para pelaku ekonomi dan stakeholders semuanya lebih banyak memilih beraktivitas dan bekerja dari rumah demi terhindar dari virus ini, sehingga menjadi suatu kewajiban bagi BSG agar dapat terus menyajikan pelayanan sebaik mungkin sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan preferensi nasabah saat ini.” Perkembangan era digitalisasi yang terjadi dengan pesat saat ini membuat persaingan perbankan sangat kompetitif dimana ujung tombak bisnis kini berubah kearah pengembangan dalam layanan digital (online) demi memenuhi tuntutan para nasabah kita yang menginginkan aksesibilitas yang cepat dan mudah, dan kerjasama ini merupakan wujud dari penggunaan suatu system digital yang dikerjasamakan demi memberi kemudahan bagi pelaksanaan administrasi keuangan  di Kabupaten Bolmut serta menjadi penunjang bagi transparansi dan akuntabilitas pemerintahan,” tutupnya.

Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulut Setya Nugraha, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut yang hadir dalam acara tersebut atas komitmen dalam membangun sistem akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. “Ini merupakan tonggak sejarah karena dengan adanya cash management system, Pemerintah Daerah dapat mengelola keuangan daerah secara transparan, akuntabel, dan optimal,”kata Kepala BPKP Perwakilan Sulut.

Dengan perjanjian kerjasama ini lanjutnya  dapat meningkatkan efisiensi dan akan menghemat waktu serta mengurangi kesalahan. Selain itu, sekaligus mendukung laporan keuangan secara terstruktur dan tertata. “Kami BPKP sebagai fungsi assurance dan consulting siap mendampingi Pemkab  Bolmut, baik dalam aplikasi maupun pendampingan dalam tugas-tugas yang lain,” ungkap Kepala BPKP Perwakilan Sulut.Terpisah Bupati Bolmut Drs.Hi. Depri Pontoh, mengatakan perjanjian  kerja sama antara Pemkab Bolmut , BPKP dan Bank Sulut Go, merupakan tindak lanjut dari hubungan kerja sama yang sudah lama terjalin  dengan pemerintah Kabupaten Bolmut. “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bolmut mengucapkan terima kasih karena dapat meneruskan kembali kerjasama ini,” pungkas Bupati Bolmut.

 

Uphik Mando

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.