Pelatihan PPRG Tahun 2021 Dibuka Langsung Wabup Bolmut

0
43

TNews, BOLMUT – Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Pada Perangkat Daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), yang bertempat di Gedung Boroko Convention Center, Rabu (24/02/2021).

Wabup Bolmut, menyampaikan Pemerintah Daerah menyambut baik atas terlaksananya pelatihan ini, dengan harapan selama kegiatan ini berlangsung dapat memberikan masukan serta kontribusi yang positif untuk meningkatkan koordinasi dan perencanaan penganggaran yang lebih refonsif gender di kabupaten bolmut.

“Diketahui bersama bahwa satu dari 17 (tujuh belas) tujuan sustainable development goal’s (SDG’S) yang ditetapkan oleh perserikatan bangsa bangsa (PBB), menetapkan perempuan sebagai subjek sekaligus objek pembangunan, yaitu melalui kesetaraan gender,”ujar Wabup Bolmut.

Disampaikan Wabup Bolmut, Pemerintah telah menggambarkan secara jelas dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), mengenai permasalahan mendasar berkaitan dengan pembangunan pemberdayaan perempuaan.

Gender pengintegrasian bertujuan dalam program pembangunan antara lain, untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagi bidang pembangunan di daerah dan mewujudkan sistem politik yang demokratis, pemerintah yang desentralistik, pembaguanan daerah yang berkelanjutan serta pemberdayaan masyarakat yang partisipatif,”kata Wabup Bolmut.

Lanjut Wabup Bolmut, pemerintah daerah mengeluarakan peraturan bersama mengenai strategi nasional percepatan pengarusutamaan gender (PUG) melalui perencanaan dan pengaggaran yang responsif gender (PPRG). Strategis nasional ini ditindaklanjuti dengan peraturan bersama BAPPENAS, kemendagri, kemenkeu dan kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tentang petunjuk pelaksanaan PUG melalui PPRG di daerah.

“Saya berharap melalui forum ini agar keseriusan dari seluruh peserta agar berperan aktif, terutama pada upaya pencapaian keberhasilan dalam percapatan pengarusutamaan gender melalui perencanaan pengaggaraan yang responsif gender di daerah sehingga nantinya akan bermuara pada kepentingan kesejahtaraan masyarakat di kabupaten Bolmut,”harap Wabup Bolmut.

Ditambahkan Wabup Bolmut, bahwa Kegiatan awal ini merupakan yang selanjutnya diharapkan akan dapat menyusun dokumen perncanaan penganggaran yang responsif gender, sehingga dapat menghasilkan dokumen pendukung perncanaan penggaraan yang responsif gender.

“Bagaimana mebahas dan langkah apa yang akan dilakukan dalam rangka memantapkan eksistensi pemberdayaan perempuan, kegiatan ini diharapkan juga dapat membahas hal hal teknis mensolusikan permasalahan permasalahan yang ada dan yang terpenting dalam rangka semakin memicu dan memacu bergeraknya berbagai pilar strategis daerah, guna mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera,”tandas Wabup Bolmut.

Turut hadir Kepala dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi sulut atau yang mewakili, Kepala dinas Dinas PPKBPPPA Bolmut, pimpinan SKPD terkait, Serta Para Pesrta Pelatihan.

 

PROKOPIM Bolmut /Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.