Pemda Bolmut Gelar Upacara HUT Provinsi

0
44
TOTABUANEWS, BOLMUT  – Jumat (23/16) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ke 52, sekaligus Apel Korpri di Lingkungan Pemda Bolmut yang bertempat di Halaman Kantor Bupati.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, SH. Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Asripan Nani, M.Si, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Para Camat dan Jajaran Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemda Bolmut.

Sementara itu, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Bolmut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE menyampaikan bahwa momemtum yang terselenggara saat ini perlu dimaknai sebagai bentuk apresiasi kita kepada para pelaku sejarah serta pelaku pembangunan di Sulut yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan Sulut, “sekaligus menjadi saran evaluasi dan introspeksi terhadap berbagai keberhasilan maupun capaian yang belum optimal dalam pelaksanaan pembangunan inklusif dan berkeadilan di Sulut yang sedang dan akan terus kita upayakan,” ujar Gubernur.

Sejalan dengan itu, hari ini pula tepat tujuh bulan sebelas hari kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dengan visi terwujudnya Sulut Berdikari dalam Ekonomi, Berdaulat dalam Politik dan Berkepribadian dalam Budaya. Gubernur mengatakan dalam kurun waktu singkat ini kita mampu memperoleh beberapa capaian positif.

Capaian tersebut diantaranya opini WTP dari BPK RI untuk pengelolaan keuangan Tahun 2015, penurunan angka kemiskinan dari 8,9 % menjadi 8,4 %, terbukanya jalur penerbangan langsung Manado-Tiongkok-Taiwan yang berakumulasi pada meningkatnya kunjungan mancanegara selang Tahun 2016 yang mencapai 10 ribu orang, perekonomian Sulut pada triwulan II 2016 tercatat tumbuh 6,14 %.

Selain itu, jumlah tenaga kerja tumbuh sebesar 0,34 % yang diikuti oleh tingkat partisipasi angkatan kerja meningkat ke angka 0,47 %, tingkat pengangguran juga menunjukkan penurunan menjadi 93 ribu jiwa dari 99,2 ribu jiwa pada tahun 2015, sehingga tingkat pengangguran terbuka juga ikut menurun menjadi 7,82 % dari 9,03 % di Tahun 2015, sedangkan untuk tingkat inflasi tahunan relatif mengalami penurunan sebesar 3,67 %. Berbagai capaian ini hendaknya memotivasi untuk terus mendorong capaian kinerja demi progres pembangunan daerah yang semakin baik.

Untuk itu, Gubernur mengajak seluruh komponen pembangunan bangsa di daerah ini untuk terus bekerja ekstra keras, ekstra cerdas dan bekerja lebih nyata, sambil tetap menjaga sinergitas langkah serta persatuan, sekaligus terus mendukung Pemda yang ke depan akan terus mengupayakan akselerasi pembangunan di berbagai sektor strategis seperti sektor pariwisata, infrastruktur, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, kemaritiman, pendidikan, pertanian dan perkebunan serta sektor strategia lainnya.

Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.