Pemkab Bolmut Anggarkan Dana Rp1 Miliar untuk Pembelian Kapal 3 GT

0
434

TOTABUANEWS, BOLMUT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menganggarkan dana sekira Rp1 miliar untuk pembelian kapal 3 GT. Hal itu berdasarkan, data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), di triwulan II ini.

Menanggapi hal itu,  para nelayan di 3 desa, masing-masing Desa Tombulang Pante, Desa Buko dan Desa Buko Utara di Kecamatan Pinogaluman, meminta agar diprioritaskan dalam pemberian bantuan ini, karena kapal 3 GT ini dapat membantu meningkatkan produksi ikan teri mereka.

“Tahun lalu kami memasukan proposal kapal 3GT, namun dapatnya katinting. Itu pun sebagian diantaranya tidak bisa digunakan, karena saat diterima kondisinya tidak layak pakai alias rusak. Sekarang hanya kami terparkir saja, kalau tidak percaya lihat sendiri,”ujar Sadat Saleh, salah seorang nelayan Desa Buko.

Lebih lanjut Sadat mengatakan, para nelayan asal Pinogaluman, layak diprioritaskan dalam pemberian bantuan, karena wilayah mereka telah ditetapkan sebagai daerah kelautan dan perikanan berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bolmut. “Pencanangan ini telah disampaikan Bupati dihadapan masyarakat pada sekira tahun 2013 silam,” ujarnya.

Terpisah, Kadis DKP Viktor Nanlessy meminta para nelayan di Desa Buko, Buko Utara dan Tombulang Timur tidak perlu khawatir. Dia memastikan wilayah Pinogaluman pasti dapat bantuan kapal 3 GT. “Sebagai contoh t, jika bantuannya ada 5 buah kapal, maka 2 unit pasti akan mengarah ke desa-desa tersebut,” jelasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.