Pemkab Bolmut Berhasil Turunkan Angka Stunting

0
212

TNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berhasil menurunkan angka stunting  hingga sebesar 15,30 persen di Tahun 2019.

Hal dikatakan langsung Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh, di wakili langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmut Dr. Drs Hi Asripan Nani M.Si saat membuka acara Rembuk Stunting Online Tahun 2020, melalui Vidio Conference (Vicon) bertempat diruangan rapat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmut, Kamis (04/06/2020).

Disampaikan Sekda Bolmut , berdasarkan pemantauan status gizi tahun 2016 prevalensi stunting di Bolmut sebesar 43,80 persen, kemudian di tahun 2017 turun 36,80 persen. Selanjutnya data riset kesehatan daerah tahun 2019 prevalensi stunting Kabupaten Bolmut berhasil turun hingga angka 15,30 persen.

“Dari data ini bukan tidak mungkin Pemkab Bolmut, akan berhasil mencapai target stunting pada RPJMD Kabupaten Bolmut Tahun 2018-2023, yaitu pada angka 10 persen serta mendukung target stunting Pemerintah pada RPJMN Tahun 2020-2024 dengan angka 19 persen,”ujar Sekda Bolmut.

Sebagai wujud komitmen dari pemerintah daerah dalam upaya untuk memutus mata rantai siklus kemiskinan dan kekerdilan di Kabupaten Bolmut, maka dilaksanakan rembuk stunting online pada hari ini dengan berpedoman pada surat mentri dalam negeri RI nomor :440/2159/Bangsa perihal pelaksanaan rembuk stunting pada kondisi pandemi Covid-19.

“Rembuk stunting ini merupakan tahapan aksi ketiga dari delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Kabupaten Bolmut
Dimana pada aksi pertama kita telah menentukan dan menyepakati lotus desa-desa yang nantinya kita akan fokus dalam upaya penanggulangan stunting tahun 2021,”jelas Sekda Bolmut.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara komitmen bersama dalam penanggulangan stunting oleh pihak eksekutif, legislatif dan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan hingga desa.

Rembuk stunting melalui Vicon ini juga dihadiri oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Daerah (Bapelitbang) Provinsi Sulut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Bolmut,
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bolmut terkait, Camat, Kepala Puskesmas Se-Kabuputen Bolmut dan Kepala Desa menjadi lokus stunting tahun 2021.

16 Desa di Kabupaten Bolmut Lokus Stunting Tahun 2021.

Uphik Mando

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.