Pemkab Bolmut Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2022 dan Perubahan RPJMD Tahun 2018-2023

0
46

TNews, BOLMUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2022 dan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolmut Tahun 2018-2023, Rabu (03/03/2021) bertempat di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut.

Kegiatan yang digelar secara Virtual Melalui Aplikasi Zoom Meeting tersebut, dibuka langsung Sekda Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.SI, dan dihadiri Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bolmut, Perwakilan Pimpinan organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM serta unsur Pers. 

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, dalam sambutanya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, mengatakan bahwa pelaksanaan Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2022 dan Perubahan RPJMD Kabupaten Bolmut Tahun 2018-2023 ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan dokumen perencanaan daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasi pembangunan di kabupaten bolmut.

“Untuk itu partisipasi masyarakat khususnya dalam perencanaan merupakan hal yang sangat penting. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarkat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan pembangunan daerah.”kata Bupati Bolmut.

Selanjutnnya tahapan konsultasi publik inipula lanjut Bupati Bolmut,  merupakan upaya penjaringan saran/masukan dari instansi/lembaga terkait maupun kelompok/organisasi masyarakat, organsiasi kepemudaan, tokoh masyarakat untuk melengkapi dan menyerpurnakan rancangan RKPD tahun 2022 dan perubahaan RPJMD tahun 2018-2023.

Dijelaskannya juga  isu mengenai angka kemiskinan dan gini ratio yang masih tinggi, SDM masyarakat yang berdaya saing serta peningkatan kwalitas dan daya saing produk lokal masih menjadi domain dalam berbagai aspek pembangunan khususnya di Kabupaten Bolmut.

“Terkait hal itu, dalam rangka peningkatan kinerja program maka perlu adanya komitmen yang kuar dari berbagai stackholder. Melalui kesempatan ini saya berharap kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk memberikan sumbagan pemikiran, sehingga melalui forum konsultasi publik ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat BOTTOM UP, yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah TOP DOWN dan analisis para terknokrat diberbagai bidang pembanguan. Yang terpenting adalah adanya singkronisasi dan sinergitasi antar/inter program pembagunan yang diharapkan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab pernasalahan dan kebutuhan ditahun 2022,”jelas Bupati Bolmut.

Hal senada disampaikan Sekda Bolmut Dr. Drs.Hi Asripan Nani M.SI, usai membaca sambutan Bupati Bolmut,  mengatakan bahwa melalui forum konsultasi publik ini juga diharapkan dapat di inventarisir dan merumuskan permaslahaan-permaslahan pembangunan, sekaligus alternatif pemecahanya, yang di wujud kongritnya berupa program/kegiatan yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak di tahun 2022.

“Program kegiatan strategis yang dapat memberdayakan, membangkitan partisiapsi masyarakat, pengagulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja dan menigkatkan perekonomian masyarakat perlu menjadi perhataian bersama,”kata Sekda Bolmut.

Ditambahkan Sekda Bolmut, prioritas-prioritas pembanguana tersebut diatas, hendaknya menjadi perhatian dan acuan bagi kita semua dalam merencanakan program kegiatan tahun 2022, yang selanjutnya akan menjadi bahan dalam penyusunaan dokumen RKPD, KUA PPAS dan rancangan APBD tahun anggaran 2022.

“Diharapkan upaya yang sedang dan akan kita kerjakan dalam rangka meningkatakan kesejahteraan masyarkat di kabupaten bolmut ini dapat terwujud,”pungkas Sekda Bolmut.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.