Pemkab Bolmut Gelar Musrenbang Kabupaten

0
391

TOTABUANEWS, BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs Depri Pontoh secara resmi membuka Musrenbang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Gedung Randy Grand Place Desa Langi Kecamatan Bolangitang Barat Kamis (24/03).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kabupaten dilaksanakan ini telah diawali dengan tahapan musrenbang ditingkat desa dan tingkat kecamatan. “Kegiatan ini melibatkan segenap stakeholders pembangunan, disamping itu tahapan proses perencanaan ini telah mencerminkan mekanisme perencanaan pembangunan yang mengedepankan prinsip partisipasi, bottom up plenning, demokratis dan transparan,” ujar Bupati.

2d586659-e48b-40ff-b650-730b2429c37c

Disamping itu Kepala Bappeda Bolaang Mongondow Utara Drs Leksi Talibo dalam membacakan laporan Panitia Pelaksana mengatakan Musrenbang Tingkat Kabupaten kali ini mengangkat tema MEMANTAPKAN PEMBAGUNAN INFRASTRUKTUR DASAR DAN EKONOMI GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DAERAH UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT, sementara itu yang menjadi sub tema pada yakni Melalui Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan kita wujudkan Bolaang Mongondow Utara yang mandiri, Sejahtera dan Berbudaya.

Pada kegiatan Musrenbang 2017 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menjabarkan enam isu strategis pembangunan daerah tahun 2017 yakni Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, Peningkatan Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan, Kualitas dan Kuantitas Infrastruktur dan wilayah cepat tumbuh, penanganan bencana serta adaptasi masyarakat terhadap bencana, peningkatan perekonomian daerah berbasis potensi unggulan local dan peningkatan pelayanan publik dengan penyediaan sarana pelayanan.

Sementara itu yang menjadi Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2017 yakni pemenuhan kebutuhan dasar warga miskin, pemantapan pemberdayaan ekonomi warga miskin, pemantapan penurunan angka pengangguran, peningkatan aksebilitas kualitas dan kuantitas sarana prasarana infrastuktur, peningkatan kualitas dan kuantitas utilitas wilayah, peningkatan pelayanan pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan ketahanan pangan (pertanian, peternakan dan perikanan), reformasi birokrasi berbasis profesionalisme dan keseimbangan kualitas SDM aparatur, pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana pengendalian banjir dan yang terakhir peningkatan antisipasi Pra bencana, saat tanggap darurat, dan penanggulangan saat bencana alam.

Hadir sekaligus yang menjadi nara sumber pada kegiatan musrenbang tingkat Kabupaten Kali ini Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi utara yang di wakili oleh Kepala Bidang Sosial Budaya DR. Mutu Mokoginta, Kepala Badan Pusat Statistik Bolaang Mongondow dan Direktur Kerjasama Pembangunan antar Lembaga UNG. Sementara itu hadir juga Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow Utara, Pimpinan dan anggota DPRD Bolaang Mongondow utara, Instansi Vertikal, TNI, POLRI, Perwakilan Dinas/badan/kantor Bolaang Mongondow Utara, delegasi Kecamatan, perwakilan Toko Masyarakat, Para Sangadi, perwakilan tokoh agama, ormas, LSM dan perwakilan perempuan se Bolaang Mongondow Utara.

Amad Filabuya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.