Pemkab Bolmut Lakukan Penguatan Kapasitas Petani

0
154

TOTABUANEWS, BOLMUT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut) hingga saat ini terus melakukan penguatan kapasitas pera petani yang ada di daerah ini. Pasalnya, lahan pertanian merupakan salah satu sektor dalam menopang pembangunan dan roda perekonomian di kabupaten Bolmut. Sehingga itu pemerintah daerah terus melakukan pemberdayaan kepada para petani melalui peningkatan sumber daya petani melalui penyuluhan-penyuluhan baik pertanian, kehutanan maupun perikanan.

“Kami memang saat ini masih sangat kekuarangan tenaga penyuluh, karena idealnya dalam satu desa itu minimal ada satu penyuluh. Namun, ditengah keterbatasan personil, kami terus berupaya mengoptimalkan peranan penyuluh dalam melakukan proses pemberdayaan kepada para petani,” ungkap Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Bolmut.

Menurutnya, para penyuluh pertanian dituntut untuk mampu menggerakkan masyarakat dalam dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Karena, ini merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, papan dan bahan baku industri dalam memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tenaga penyuluh merupakan agen pembaharuan dalam menjalankan tugas pokoknya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta merubah sikap dalam berusahatani yang lebih baik. Sebab masyarakat petani sangat membutuhkan informasi dan pemahaman terkait program- program yang akan di laksanakan baik pemerintah daerah, propinsi maupun program yang berasal dari pemerintah pusat,” tandas Fatma Humokor.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.