Pemkab Seriusi Dugaan KTP Ganda

0
534
Urus e-KTP, Warga Boltim Dapat Surat Keterangan
KTP
KTP

Picu Masalah di Pilkada Nanti

TOTABUANEWS.COM, Bolmut – Masalah dugaan banyak warga Bolmut, yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda turut menjadi perhatian serius dari Pemkab Bolmut. Pasalnya mendekati masa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bolmut 2013 nanti, persoalan seperti ini bakal menjadi bom waktu, jika tidak segerah di antisipasi.

Menurut Kepala Disdukcapil, yang di konfirmasi kepada, Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Mustar Mararu SH mengatakan, pihaknya telah menemukan kasus demikian.

Dimana kebanyakan warga telah memiliki KTP di luar daerah namun saat datang datang ke Bolmut membuat KTP baru lagi.

” Seperti persoalan baru-baru ini, ada seorang ibu mengaku warga Bintauna datang ke dinas (Disdukcapil) ingin buat KTP, tapi setelah di cek datanya tidak ada, tentu kami heran, ternyata ketika di selidiki, ibu tersebut telah lama tingal di Manado dan memiliki KTP serta kartu keluarga (KK) di sana. Tapi dia tetap ngotot mau miliki KTP Bolmut, kami memberikan saran jika niatnya ingin miliki KTP dan KK di Bolmut, maka KTP dan KK sebelumnya akan di tahan, dan harus di sertai dengan surat pemindahan,” aku Mustar.

Dirinya pun tak mengelak, jika persoalan tersebut apakah di karenakan minimnya informasi kepada masyarakat, atau sebaliknya, masyarakat yang sudah tahu namun sengaja mengabaikanya.

“Ada 2 faktor disini, ada yang warga memang tidak tahu, ada juga yang sudah tahu tapi tidak mau tahu, atau malah melanggarnya.Makanya pendataan kembali e-KTP mencegah kecurangan dalam data base kependudukan di daerah,” tukas Mararu.

Sementara personil komisi I , Arman Lumoto SAg Mpd berharap, pihak Disdukcapil dapat mengatasi persoalan tersebut. Jangan sampai hal ini berdampak pada ketidak stabilan dan keakuratan data penduduk di Bolmut. Mengingat pada 2013 mendatang warga Bolmut akan menggelar Pilkada.

” Harapan kami agar persoalan ini dapat segerah di atasi oleh instasi kependudukan, agar hal tersebut tidak mempengaruhi keakuratan data jumlah penduduk di Bolmut, khususnya wajib KTP,” ujar Lumoto. (gito/hsd)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.