PWI Bolmut Gelar UKW XVII tahun 2018

0
36

TOTABUAN.NEWS, BOLMUT – Sebanyak sepuluh wartawan yang biasa bertugas di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVII tahun 2018 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bolmong Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (9/10).

Kesepuluh wartawan ini yakni Iwan Sowikromo (Beritatotabuan.com), Ridwan Lasamano (kotamobagupost.com), Ishak Nani (Swaramanadonews.com), Gandhi Goma, Irsan Manggopa (liputanbmr.com), Jufri (pilarsulut.com), Awal Datunugu (Bolmora.com), Fadly Buyung (suarapembaharu.com).

Uji Kompetensi Wartawan ini dibuka langsung oleh Bupati Drs Hi Depri Pontoh yang di dampingi oleh Wakil Bupati Drs Hi, Amin Lasena MAP, perwakilan dari PWI Pusat, Cahyo dan ketua PWI Bali selaku tim penguji, Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan, serta Sekretaris PWI Sulut.

Dari 12 peserta yang terdaftar hanya 10 peserta yang ikut. Para peserta di uji hampir seharian penuh. Mulai dari cara berwawancara, menyusun rencana peliputan, penyusun topik berita, Rubrik, jejaring hingga cara membuat berita.

Semua hasil ujian dari peserta di periksa langsung oleh tim penguji dan langsung diberikan nilai. Masing-masing dibagi menjadi dua kelompok. Semua tim penguji terbuka dalam melakukan penilaian dan tanda ada intervensi dari siapapun.

Uji Kompetensi Wartawan berakhir pada pukul 19:00 WITA yang dimulai dari pukul 09:00 WITA dan hasil akhir dari uji kompetensi ini, 9 peserta dinyatakan berkompeten dan 1 peserta belum berkompeten.

UKW ini ditutup oleh Cahyo Perwakilan dari PWI Pusat dan mengatakan bahwa UKW ini merupakan program tahunan dari PWI sebagai organisasi yang ditunjuk oleh Dewan Pers. Selain itu UKW ini bertujuan untuk melatih agar wartawan yang ikut dalam UKW ini lebih terarah dan lebih professional dalam menjalan tugas.

”Dengan apa yang sudah didapatkan di dalam uji kompetensi ini, diharapkan para pewarta yang lulus uji kompetensi bisa terus mengembangkan serta meningkatkan kemampuan dirinya di bidang jurnalistik,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan, pelaksanaan UKW kali ini sudah yang ketiga kalinya dan bolmut adalah satu-satunya kabupaten kota di sulut yang paling banyak menggelar UKW.

 

Jufry Mangkaha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.