Sekda Bolmut Ikut Job Fit Pejabat Eselon II Provinsi Sulut, Persiapan Rolling Jabatan

0
185

TNews, BOLMUT — Sebanyak 30 pejabat eselon II atau Pejabat Tinggi Pratama Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti job fit persiapan untuk rolling jabatan.

Uji kompetensi yang dibuka langusung Sekprov Sulut, Edwin Silangen didampingi Asisten III Gammy Kawatu, bertempat Kantor Gubernur Sulut, Rabu (27/10/202) pekan lalu, dan turut di ikuti Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) DR.Drs.Hi. Asripan Nani, M,Si.

Disampaikan Sekprov Sulut, Edwin Silangen, pelaksanaan Uji Kompetensi ini atas petunjuk Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

“Saya tiba-tiba di kendaraan bersama pak gubernur ditanya Eselon II yang akan job fit. Pagi ini mulai dengan uji kompetensi beliau minta saya harus datang ke sini,” bebernya.

Dirinya berharap, para pejabat eselon II tetap menjaga kekompakan meskipun berbeda persepsi.

“Jangan dilihat negatifnya. Selalu diingat positif thinking,” tukasnya.

Ditambahkannya, Job Fit dilaksanakan untuk menjadi dasar dalam hal penempatan pejabat eselon II Pemprov Sulut.

Ia mengingatkan, jabatan bukanlah hal yang abadi, ada penyegaran dan regenerasi.

“Pemerintah ada estafet. Setiap masa ada orangnya setiap orang ada masanya. Waktu Tuhan pastilah yang terbaik,” ungkap dia.

Seperti dikatahui Gubernur Sulut, Olly Dondokambey sudah mengantongi izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Izin itu terkait rencana mutasi jabatan atau lebih dikenal dengan rolling jabatan eselon II di Pemprov Sulut yang sudah digaungkan sebelumnya oleh Gubernur Olly Dondokambey.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut Femmy Sukuh, membenarkan Izin dari Komisi ASN sudah diperoleh.

“Sudah ada dari Komisi ASN, kapan realiasi rencana rolling tersebut?.Rolling itu kewenangan Gubernur, kita hanya membantu administrasinya,” kata Femmy

Lanjutnya ada dua mekanisme yang bakal ditempuh. Pertama melakukan seleksi terbuka jabatan eselon II.

Kedua, melakukan pergeseran jabatan antar pejabat eselon II.

Untuk seleksi terbuka, Kepala BKD Sulut membenarkan akan dilakukan, apalagi menyangkut pengisian jabatan lowong eselon II atau belum ada pejabat definitif.

“Tiba waktunya akan diumumkan,” kata dia.

Jabatan lowong dalam artian masih dirangkap atau ditempati pelaksana tugas yakni, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Sementara itu Sekda Bolmut Dr.Drs.Hi. Asripan Nani, M.Si, ketika dikonfirmasi Totabuan News Selasa (02/11/2021), mengatakan bahwa dirinya sudah mengikuti tahapan job fit pejabat eselon II Provinsi Sulut selama beberapa hari.

“Alhamdulillah saya sudah mengikuti job fit pejabat eselon II Provinsi Sulut, sesuai dengan surat Gubernur Sulut, terkait pemberitahuan job fit untuk mengisi jabatan di Provinsi Sulut,”kata Sekda Bolmut

Ditambahkan Sekda Bolmut, bahwa dirinya telah menjabat sebagai Sekda Bolmut selama 5 tahun, 11 bulan, pernah juga menjabat eselon II lainnya Asisiten, Kepala Badan selama 9 tahun.

“Intinya regenerasi pada ASN, merupakan hal yang penting dalam pemerintahan,”pungkasnya.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.