Sekda Bolmut Ikuti Webinar Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020

0
125

TNews, BOLMUT  – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dr.Drs Hi Asripan Nani M.SI,  mengikuti web seminar (webinar) tentang kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 di Ruang Rapat Bupati Bolmut Rabu (10/06/2020).

Webinar yang yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bertemakan “Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020”.

Adapun hadir sebagai narasumber, webinar tersebut, yaitu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Ardian, Anggota KPU-RI Pramono, dan Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri, Agus Fatoni. Ia mengatakan bahwa webinar kali ini bertujuan untuk mengidentidikasi isu yang berkenaan dengan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang harus ditunda akibat pandemi Covid-19.

Indonesia lanjutnya, harus menunda pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 mengingat masa pandemi belum selesai ditanah air. Pilkada yang semula dijadwalkan 23 September 2020 harus ditunda menjadi tanggal 9 Desember 2020.

“Penundaan ini bukanlah dilakukan oleh Indonesia sendiri, namum ada beberapa negara lain juga melakukan hal yang sama. Diantaranya Kanada, Ceko, Argentina, Jerman, Bolivia, dan Bosnia,” terangnya.

Untuk Indonesia sendiri, lanjut Fatoni, akan diikuti 270 daerah dengan rincian 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.

“Dalam Pilkada nanti kita harapkan pelaksanaannya tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Webinar ini juga dihadiri Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Bolmut, Samidin Korompot, S.STP, Sekretaris Bandan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Awaludin Manangin, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolmut Junaidi Harundja SH, dan Pimpinan Bawaslu Bolmut Eben Benzhar Enok.

 

Uphik Mando 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.