Sosialisasi Saber Pungli, Bupati Bolmut Sebut Praktek Pungli Perbuatan Tidak Terpuji

0
130

TNews, BOLMUT — Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs.Hi. Depri Pontoh, membuka secara resmi Sosialisasi Sapu Bersih (Saber Pungli) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmut Tahun 2021 yang Bertemat Di RM Laviesta desa kuala utara Kecamatan Kaidipang, Selasa (02/11/2021).

Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan, bahwa praktek pungli merupakan hal yang tidak terpuji dan harus kita tangani dengan baik.

“Pungli sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap tempat pelayanan publik, baik pemerintah maupun non pemerintah berlangsung secara terbuka, kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan harus ada tindakan tegas sebab praktek pungutan liar harus akan merusak sendi sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan yang teradu, efektif, efesien, dan mampu menibulkan efek jera,”tegas Bupati Bolmut.

Disampaikan juga Bupati Bolmut, dalam upaya pemberantasan pungutan liar di kabupaten Bolmut, saat ini telah dibentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar atau disingkat dengan “Seber Pungli”. Hal ini sejalan dengan ketentuan pasal 8 ayat 2 peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

 

“Dalam melaksanakan pemberantasan pungutan liar pemerintah daerah membentuk unit pemberantasan pungutan liar. Yang didalamnya terdiri dari unsur pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan dan TNI,”ungkap Bupati Bolmut.

Tidak hanya itu Bupati juga mengingatkan dan menekankan kepada ASN lingkup Pemkab Bolmut, untuk tidak terjerumus dalam praktek pungli.

“Saya selaku pimpinan mengajak semua ASN untuk menjauhi pungli,”ujar Bupati Bolmut.

Ditambahkan Bupati Bolmut, dengan tidak terjadinya pungli dapat menciptkan pemerintahan yang bersih dan jujur.

“Jaga diri jangan sampai terjerumus Pungli. Sebab uang yang didapat dari praktek pungli itu tidak halal.Tanamkan dalam diri cegah diri kita dari pungli,”tandas Bupati Bolmut.

Turut hadir kegiatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut, Nana Riana SH, MH, Wakapolres Bolmut Kompol. Kerri Utiarahman, Perwira Penghubung Bolmut Mayor Inf N. Nus Kaontole, Kasi Intel Bayu SH, Kepala Inspektorat Daerah Bolmut Dra, Moilom Pontoh, Para Camat Serta Sangadi se Kabupaten Bolmut.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.